Inilah Yang Harus di Ketahui Hak dan Kewajiban Istri dan Suami

Dalam menjalin sebuah rumah tangga yang harmonis tentunya harus saling pengertian antara seorang suami dan istrinya begitu bukan! Maka oleh sebab itu saling percaya satu sama lain.Kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Kewajiban dan Hak Suami Istri  hal ini wajib semua orang yang sudah dewasa atau mau menuju ke pernikahan langsung saja kita bahas di bawah ini.

Pengertian Hak dan Kewajiban Seorang Suami Istri
Kewajiban dan Hak Suami Istri

A.Kewajiban Suami

1.Memelihara,memimpin dan membimbing keluarga lahir dan batin,serta menjaga dan bertanggung jawab atas keselamatan dan kesejahteraannya.
2.Memberi nafkah sesuai dengan kemampuan serta mengusahakankeperluan keluarga terutama sandang,pangan dan papan.
3.Membantu tugas-tugas istri terutama dalam hal memelihara dan mendidik anak dengan penuh rasa tanggung jawab.
4.Memberikan kebebasan berpikir dan bertindak kepada istri sesuai dengan ajaran agama, tidak mempersulit apalagi membuat istri menderita lahir dan batin yang dapat mendorong istri berbuat salah.
5.Dapat mengatasi keadaan ,mencari penyelesaian secara bijaksana dan tidak berbuat sewenang-wenang.

B.Hak Suami

1.Istri harus taat kepada suami dalam melaksanakan urusan rumah tangga ,selama suami menjalankan ketentuan-ketentuan Allah yang berhubungan dengan kehidupan suami istri.
2.Mengurus dan menjaga rumah tangga suami ,Termasuk didalamnya memelihara anak.

C.Kewaajiban Istri

1.Hormat dan patuh kepada suami dalam batas-batas yang telah di tentukan oleh norma agama dan susila.
2.Mengatur dan mengurus rumah tangga,menjaga keselamatan dan mewujudkan kesejahteraan keluarga.
3.Memelihara dan mendidik anak sebagai amanat Allah.
4.Memelihara dan menjaga kehormatan serta melindungi harta benda keluarga.
5.Menerima dan menghormati pemberian suami serta mencukupkan nafkah yang di berikan dengan baik,hemat,cermat dan bijaksana.
6.Bersikap lemah lembut dan sopan-santun ,jangan suka bermuka masam.
7.Istri yang baik harus dapat melayani apa yang menjadi kesenangan suaminya.rajin merawat dirinya dan mengatur rumah,sehingga suasana rumah tanga menyegarkan pandangan dan menyenangkan hati suami , dan suami tidak merasa perlu untuk mencari hiburan keluar.

Nabi Muhammad s.a.w bersabda: 

خَيْرَالنِّسَاءِمَنْ تَسُرُّكَ إِذَاأَمَرْتَ وَتَحْفَظَ غَيْبَتَكَ فِى نَفْسِهَاوَمَالِكَ

Artinya ”Wanita yang terbaik ialah wanita yang menarik hatimu bila kau pandang , dan bila kau perintah , dan tahu menjaga kehormatan bila kau sedang pergi dan berhati-hati menjaga hartamu”

8.Bila suami sering berbuat salah, carilah waktu yang baik untuk memperingatkan dengan cara yang halus sehingga suami tidak merasa tersinggung karenanya.Taati dan hormati suamimu!

4.Hak Istri

1.Hak mengenai harta, Yaitu mahar atau mas kawin dan nafkah.
Jika melangsuungkan pernikahan , suami di wajibkan memberi sesuatu kepada istri , baik berupa uang maupun barang (Harta benda).Pemberian inikah yang dinamakan mahar (mas kawin).
Firman Allah Swt:

وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً

 Artinya”Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan”(An Nisa’: 4)

2.Suami bertanggung jawab untuk memberikan nafkah yang halal guna mencukupi sandang-pangan, perumahan dan kebutuhan lainnya, demi kesejahteraan keluarganya, menurut kadar kemampuannya.
Dalam Al Qur’an (surat An Nisa’ ayat 34) di sebutkan:

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِم


Artinya”Laki-laki ini menjadi pemimpin bagi wanita, Karena allah memberikan kelebihan sebagianya dari yang lain, dank arena laki-laki (suami) itu memberikan belanja kepada istrinya”.

3.Hak mendapat perlakuan yang baik dari suami. Firman Allah dalam Al-Qur'an Surat An Nisa 19:

وَعَاشِرُوهُنَّ بِالْمَعْرُوفِ ۚ فَإِنْ كَرِهْتُمُوهُنَّ فَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا

Artinya:”Dan bergaulah dengan mereka (Istri) dengan cara yang patut,kemudian bila kamu tidak menyukai mereka (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebakan yang banyak”.

4.Agar  suami menjaga dan memelihara istrinya. Maksudnya ialah menjaga kehormatan isteri ,tidak menyia-nyiakannya dan menjaga agar selalu melaksanakan perintah Allah dan menghentikan segala yang di larang Allah.

 Firman Allah :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Artinya:Hai orang-orang beriman, pelihara dirimu dan keluargamu dari api neraka… (At Tahrim :6)

Mungkin itu sedikit tentang hak dan kewajiban suami istri yang harus kalian ketahui semoga bisa bermanfaat atas ketikan artikel saya di atas .Terima kasih sudah mau berkunjung di blog yang sederhana ini.Jangan lupa share artikel ini dan tinggalkan jejak pada kolom komentar di bawah ini apa artikel saya ini bermanfaat atau tidak.