Panduan Berpoligami Dan Sebab-Sebab Di Bolehkan Poligami

Bertemu lagi dengan admin kang wau setelah kemarin membahas tentang pernikahan, cinta dan kasih sayang dan perceraian tapi sekarang beda yaitu tentang Poligami (Punya istri lebih dari satu) atau lebih tepatnya Panduan Berpoligami Dan Sebab-Sebab Di Bolehkan Poligami jika anda penasaran bisa simak artikenya di bawah ini.

Dalam Al Qur’an (Surat AN-Nisa ayat 3) di sebutkan:

وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَىٰ فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدةً

Artinya:”jikalah kamu khawatir tidak akan dapat berlaku lurus terhadap anak-anak yatim, maka kawinilah wanita yang kamu satu, dua, tiga atau empat. Tetapi jika kamu kuatir tidak akan dapat berlaku adil, maka kawinilah seorang wanita saja.”
Cara berpoligami dan sebab-sebab diperbolehkannya pologami
Poligami

Penjelasan:

1.Janganlah gegabah untuk melakukan poligami tanpa ada alsan yang kuat.

2.Poligami di bolehkan akan tetapi syaratnya berat, harus adil kepada semua istri dan anak-anaknya, kalau tidak mungkin adil, jangan melakukan poligami.

Pada umumnya berpoligami selalu menimbulkan keributan dalam rumah-tangga , hilangnya ketenangan dan ketentraman hati jika terjadi yang demikian adalah sangat tidak sesuai dengan ajaran Agama Isalam.

Sesuai UU No.1/1974 Tentang perkawinan apabila seorang suami bermaksud untuk beristri lebih dari seorang maka ia wajib mengajukan permohonan secara tertulis kepada Pengadilan.

Pengadilan kemudian memeriksa mengenai:

1.ada atau tidak adanya alasan yang memungkinkan seorang suami kawin lagi:

a.bahwa istri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai istri.
b.bahwa istri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat di sembuhkan.
c.bahwa istri tidak dapat melahirkan keturunan.

2.ada atu tidak adanya persetujuan dari istri, baik persetujuan lisan maupun tertulis, apabila persetujuan itu merupakan persetujuan lisan, persetujuan itu harus diucapkan di depan sidang pengadilan ;

3.ada atau tidak adanya kemampuan suami untuk menjamin keperluan hidup istri dan anak-anak, dengan memperlihatkan:

a.surat keterangan mengenai penghasilan suami yang ditandatangani oleh bendahara tempat kerja
b.surat keterangan pajak penghasilan.
c.surat keterangan lain yang dapat diterima oleh pengadilan.

4.ada atau tidak adanya jaminan bahwa suami akan berlaku adil terhadap istri-istri dan anak-anak mereka dengan pernyataan atau janji dari suami yang dibuat dalam bentuk yang ditetapkan untuk itu.

Dalam melakukan pemeriksaan Pengadilan harus memanggil dan mendengar yang bersangkutan.

Pemeriksaan Pengadilan untuk itu dilakukan oleh hakim selambat-lambatnya 30 hari setelah di terimanya surat permohonan beserta lampiran-lampirannya.apabila Pengadilan berpendapat bahwa cukup alasan  bagi permohonana untuk beristri lebih dari seorang, maka Pengadilan memberikan putusannya yang berupa izin untuk beristri lebih dari seorang.Pegawai pencatatdilarang untuk melakukan pencatatan perkawinan seorang suami yang akan beristri lebih dari seorangsebelum adanya izin Pengadilan.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada anda mengenai Panduan Berpoligami Dan Sebab-Sebab Di Bolehkan Poligami semoga artikel di atas bisa bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini apabila menurut anda bermanfaat dan menambah wawasan ataupun ilmu.Saya minta pendapat anda tentang menegnai artikel tentang poligami ini pada kolom komentar di bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel