Pendidikan Mengenai Keluarga Muslim

Apa pengertian Keluarga Muslim
Keluarga
Masi tetep tema tentang sebuah pernikahan, dalam sebuah pernikahan akan terbentuklah sebuah keluarga kecil. Cocok sekali pembahasan kali tentang Pendidikan Keluarga Muslim.Dalam upaya membentuk keluarga bahagia ,sehat , sejahtera dan kekal, peranan agama menjadi sangat penting. Ajaran agama tidak cukup hanya di ketahui dan difahami, akan tetapi harus dapt di amalkan oleh setiap anggota keluarga, sehingga dalam kehidupan keluarga tersebut mencermikan suatu kehidupan yang penuh dengan ketentraman, keamanan dan kedamaian yang di jiwai oleh ajaran dan tuntunan agama.

Setiap anggota keluarga, terutama orang tua di tuntut untuk senantiasa bersikap dan berbuat sesuai dengan garis-garis yang di tetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Dengan demikian diharapkan setiap anggota keluarga memiliki sifat dan budi pekerti yang luhur yang sangat di perlukan dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat.

Dalam hubungan ini orang tua perlu menyadari betapa pentingnya pendidikan agama bagi setiap anggota keluarga khususnya bagi anak-anak. Pendidikan agama yang di tanamkan sedini mungkin pada anak-anak akan sangat berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan berkembangan budi pekerti dan kepribadian mereka.

Oleh sebab itu orang tua berekewajiban untuk memberikan bimbingan dan contoh konkrit berupa suri tauladan kepada anak-anak bagaimana seseorang harus melaksanakan ajaran agama dalam kehidupan keluarga dan masyarakat, agar mereka dapat hidup selamat sejahtera . Kewajiban itu dinyatakan dalam Al Qur’an:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Artinya“Jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka”(At Tahrim : 6)

Bagi suami istri, Agama merupakan benteng yang kokoh terhadap berbagai ancaman yang dapat merapuhkan dan meruntuhkan kehidupan keluarga. Dalam hal inia agama berperan sebagai sumber pendorong dan tempat untuk mengembalikan dan memecahkan masalah. Oleh karena itu perlu bagi suami istri memegang dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik-baiknya dalam arti mau dan mampu melaksanakan kehidupan keluarga baik dalam keadaan suka maupun dalam keadaan duka. Upaya kearah itu dapat dilaksanakan selain dengan cara gemar memperdalam ilmu agama juga dapat di lakukan dengan cara mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Firman Allah dalam Al Qur’an :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artinya”Orang-orang yang beriman , hati mereka menjadi tentram karena senantiasa mengingat Allah. Ketahuilah hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang” (QS. Ar Ra’du: 28)

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada anda semoga bisa membantu anda agar keluarga anda tetap kekal ,sejahtera dan bahagia setelah membaca artikel ini. Terima kasih banyak anda sudah membaca artikel ini jangan lupa share apabila menurut anda penting. Saya atas nama admin mohon maaf jika ada salah-salah kata, Tinggalkan jejak tentang artikel ini pada kolom komentar.