Tuntunan Pernikahan Dalam Agama Islam

Setelah kemarin update artikel tentang meminang pembahsan kali ini yaitu tentang perkawinan dalam tuntunan agama silam (Nikah),Penasaran gimana artikel ini langsung saja baca terus sampai selesai yak.Perkawinan (Nikah )adalah salah satu asas pokok hidup yang paling utama dalam pergaulan atau masyarakat yang sempurna.Perkawinan  bukan hanya suatu jalan yang mulia untuk mengantur kehidupan rumah tangga dan keturunan akan tetapi juga dapat di lihat sebagai salah satu jalan menuju pintu perkenalan suatu kaum dengan kaum yang lain dan perkenalan itu akan menjadi jalan untuk menyampaikan pertolongan antar satu dengan yang lainnya.

Bagaimana Tuntunan Menikah dalam agama islam
Tuntunan Pernikahan
Sebenarnya perkawinan adalah yang seteguh-teguhnya dalam hidup dan kehidupan manusia,bukan saja antara suami istri dan keturunananya,melainkan antara dua keluarga.Betapa tidak? Dari baiknya pergaulan antara si istri dengan suaminya ,kasih mengasihi akan berpindah kebaikan itu kepada semua keluarga dari kedua bela pihak bertolong-tolong sesamanya dalam menjalankan kebaikan dan mencegah segala kejahatan.Selain itu dengan pernikahan seseorang akan terpelihara dari kebinasaan hawa nafsunya.

Sabda Rosulullah Saw:

يَا مَعْشَرَ الشَّبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ الْبَاءَة فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ  وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Artinya “Hai pemuda-pemuda ,barang siapa di antara kamu yang mampu serta berkeinginan hendak menikah,hendaklah dia menikah.Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat  menundukan pandangan mata terhadap orang yang tidak halal dilihatnya,dan akan memeliharanya dari godaan syahwat.Dan barang siapa yang tidak mampu menikah .hendaklah dia puasa ,karena dengan puasa hawa nafsu terhadao perempuan akan berkurang”(Riwayat Jamaa ahli hadis).

Pernikahan bukan hanya untuk sebagai status akan tetapi pernikahan juga akan dapat membuka pintu rizki kita ada dalam satu hadis di bawah ini yang menyatakan bahwaa orang yang sudah menikah maka mendatangkan rizki.

عَنْ عَائِشَةَ:تَزَوَّجُوالنِّسَاءَفَاءِنَّهُنَّ يَأْتِيْنَكُمْ بِالْمَالِ

Dari aisyah ”Nikahilah olehmu kaum wanita itu,maka sesungguhnya akan mendatangkan harta (rezeki) bagi kamu”(Riwayat Hakim dan Abu Dawud).

عَنْ عَمْرِوبْنِ العَاصِ:الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُمَتَاعِهَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Dari Amr Ibnu As”Dunia Itu harta benda dan sebaik-baik harta benda dunia adalah perempuan yang salehah.”(Riwayat Muslim).

Pemuda mulai jaman dulu sampai sekarang mereka ingin menikah karena beberapa sebab dia antaranya sebagai berikut:
1.Karena mengharapkan harta benda
2.Karena mengharapkan kebangsawanannya
3.Karena ingin melihat kecantikannya
4.karena budi pekerti dan akhlak yang baik.

Rasulullah Saw bersabda yang Artinya:”Janganlah kamu menikahi perempuan itu karena kecantikannya ,mungkin kecantikannya itu akan membawa kerusakan bagi mereka sendiri.Dan janganlah kamu menikahi mereka karena mengharap harta mereka,mungkin hartanya itu akan menyebabkan mereka sombong,tetapi nikahilah mereka dengan dasar agama.Dan sesungguhnya hamba sahaya yang hitam lebih baik,asal ia beragama.”(Riwayat Baihaqi).

Rasulullah bersabda yang artinya”Barang siapa menikahi seseorang perempuan karena kebangsawananya ,niscaya Allah tidak akan menambah kecuali kehinaan”.
Jadi jelas bahwa untuk menikah jangan melihat materi atau kecantkannya melainkan yang penting yaitu agama dan budi pekerti.Dari artikel yang kalian baca di atas tadi bagi para wali orang tua janganlah menjodohan anaknya sebab jika tidak beruntung maka akan merusak jiwa dan akhlak anak tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian semoga bermanfaat bagi kalian semua yang sudah membaca artikel ini,Jangan lupa share artikel ini apabila menurut anda penting dan tinggalkan komentar terhadap artikel ini apa bermanfaat atau tidak