Cara Pembuatan Bootable Menggunakan Software Rufus Secara Mudah, Lengkap dan Detail

Setelah anda mengetahui tentang Pengertian dan Manfaat Bootabel Yang Harus Agan Ketahui alangkah lebih baiknya agan juga harus mengetahui bagaimana cara membuat bootable sendiri, cara membuat bootable sendiri tidaklah rumit atau bisa di katakan mudah. Pembuatan bootabel agan bisa menggunakan aplikasi yang bernama rufus.

Cara membuat bootable untuk instalasi windows
Pembuatan Bootable

Apa rufus itu min?

Rufus adalah sebuah software atau aplikasi pembuat bootable yang fungsinya untuk memasukan sebuah sistem operasi kedalam sebuah media penyimpanan dengan mudah dan gampang, dengan adanya rufus agan tidak usah susah payah untuk membuat  bootable.

Kenapa harus menggunakan aplikasi atau software Rufus min??

Untuk pembuatan bootable sendiri memang banyak aplikasi yang agan bisa gunakan akan tetapi menurut ROZIWEB pembuatan bootabel sistem operasi lebih mudah menggunakan rufus karena mudah di pahami dan di mengerti tools tools dan kegunaan dalam aplikasi Rufus.

Untuk pembuatan bootable sistem operasi bahan apa saja yang perlu dan di butuhkan?

Nah pertanyaan yang bagus gan, pembuatan sendiri memerlukan beberapa bahan yang di antaranya sebagai berikut:

1.Flash disk atau CD/DVD (Rekomendasi flashdisk berukuran 8 gb, karena jika terlalu sedikit prosess bootable tidak bisa dan tergantung size sistem operasi yang mau di masukkan kedalam media penyimpanan entah flash disk atau CD/DVD).

2.Aplikasi Rufus (Aplikasi ini berfungsi untuk memasukkan sistem operasi kedalam media penyimpanan flashdisk atau CD/DVD).

3.Sistem Operasi (Windows 7,8 dan 10).

Setelah saya mempunyai ke 3 bahan di atas selanjutnya apa min?

Bahan di atas sudah anda dapatkan selanjutnya yaitu kita mulai pembuatan bootable menggunakan aplikasi rufus langkah langkahnya simak di bawah ini.

1.Tancapkan atau masukkan Flashdisk/CD/DVD ke dalam laptop atau pc agan.

2.Setelah di masukkan langkah selanjutnya yaitu buka aplikasi rufus yang sudah agan download.

3.Jika di dalam flashdisk terdapat file atau dokument penting silahkan di backup terlebih dahulu karenan nantinya flashdisk harus di format saat pembuatan bootable.

4.Aplikasi rufus sudah terbuka selanjutnya pastikan Parttion scheme and target system type sudah mengarah ke MBR partition scheme for BIOS or UEFI dan File System udah menjadi NTFS. Jika agan masih kurang jelas bisa lihat gambar di bawah.
Cara membuat bootable dengan rufus
Rufus Tools

5.Selanjutnya agan klik icon seperti cd di dalam aplikasi rufus, setelah agan klik maka akan kedirect ke file exploler dan cari sistem operasi yang akan di masukkan apabaila sudah ketemu klik open.

Rufus Tools

6.Selanjutnya yaitu klik start dan tunggu sampai prosess bootable selesai dan di bawah loading yang  berwarna hijau ada tulisan ready.

Rufus Tools

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada agan semua mengenai Cara Pembuatan Bootable Menggunakan Software Rufus Secara Mudah,semoga dengan adanya tutorial ini agan bisa membuat bootable dan apabila agan menemui kalimata atau kesalahan kata pada artikel ini saya minta maaf yang sebesar besarnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel