Hukum Mengobati Mata Ketika sedang Berpuasa dengan Menteskan Obat Mata

Hukum Mengobati Mata Ketika sedang Berpuasa-Pada kesempatan kali ini ROZIWEB akan memberikan informasi yang insyallah bermanfaat bagi teman teman semua setalelah kemarin membahas tentang Hukum Merokok Ketika sedang Berpuasa. Ingin tau Hukum Mengobati Mata Ketika sedang Berpuasa yuk langsung ssaja simak artikel di bawah ini.

Hukm Mengobati Mata Ketika Sedang Berpuasa
Hukum Menteskan Obat Mata
Ketika anda sedang berpuasa, baik puasa sunnah atau juga puasa wajib, anda terkena sakit mata, lalu kita mengobati mata dengan meneteskan obat cair ke dalam mata yang sakit, Bagaimana hukum menteskan obat tersebut dan batalkah puasa kita, mengingat obat tersebut ternyata terasa di tenggorokan?

Hukum mengobati mata dengan meneteskan obat cair ke dalam mata adalah:

1.Tidak boleh, karena celak atau obat tersebut akan bisa sampai ke tenggorokan

ثُمَّ تُنَا قِضُهُمْ فِى الْكُحْلِ عَجَبَ جِدًّا وَهُوَ أَشَدُّ وُصُوْلًا اِلَى الْحَلَقِ،وَمَجْرَى الطَّعَامِ مِنَ الْقُطُرِ فِى الْاُذُنِ

2. Boleh dan tidak membatalkan puasa, karena obat mata yang terasa ditenggorokan tersebut masuk tidak melalui lubang lubang tubuh yang bisa membatalkan puasa, melainkan melalui pori-pori, dan hal yang demikian itu tidak membatalkan puasa, diterangkan dalam kitab Mughni al-Muhtaj, Juz 1, hal. 578:

وَلَايَضُرُّالْاِكْتِحَلُ وَاِنْ وُجِدَ طَعَمُهُ اَىْ الْكُحْلُ بِحَلَقِهَ لِاَنَّ الْوَاصِلَ إِلَيْهِ مِنَ الْمَسَمِ.وَقَدْ رَوَى الْبَيْهَقِيْ: أَنَّهَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْتَحِلْ بِالْاِثْمِدِ وَهُوَصَائِمٌ " فَلَا يُكْرَهُ الْاِكْتِحَلُ لِلصَّا ئِمِ

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada anda semu tentang Hukum Mengobati Mata Ketika sedang Berpuasa dengan Menteskan Obat Mata, semoga dengan adanya artikel ini anda bisa lebih tahu tentang hukumnya. Apabila anda menemukan kata atau kalimat yang tidak cocok dalam artikel ini saya atas nama admin mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Author

0 Response to "Hukum Mengobati Mata Ketika sedang Berpuasa dengan Menteskan Obat Mata"

Post a Comment