Pengertian dan Penjelasan Mengenai Rukun Islam

Penjelasan Mengenai Rukun Islam dan Kalimat Syahadat
Rukun Islam
Rukun Islam-Di era yang serba moderen ini semua serba canggih dan tidak sedikit pula yang mengetahui tentang arti Rukun Islam sendiri, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Rukun Islam insyallah akan saya kupas lengkap semua ada disini.


Apa Rukun Islam itu min?

Rukun Islam dalam bahasa arab adalah arkan al-din yang berarti pilar agama, sedangkan menurut istilah sendiri Rukun Islam menurut istilah adalah sebuah amalan yang harus di lakukan oleh semua orang muslim dan merupakan sebuah pondasi dasar hidup.

Ada Berapakah Rukun Islam Sendiri Min?

Rukun islam ada 5 di antaranya sebagai berikut:

1.Mengucapkan 2 kalimat syahadat.
Artinya: Bersaksi atau mengikuti, bahwa tidak ada tuhan yang wajib disembah melainkan Allah. Dan bersaksi atau mengakui bahwa Nabi Muhammad utusan Allah.

2.Mengerjakan sholat 5 waktu.

3.Mengeluarkan Zakat

4.Berpuasa pada bulan ramadhan

5.Menunaikan ibadah haji bagi yang mampuh
Haji merupakan rukun islam yang di kejrakan bagi orang yang udah berkecukupan dan mampu untuk menunaikannya.

Dua Kalimat Syahadat

Dua kalimat syahadat adalah dua perkataan pengakuan yang di ucapkan oleh lisan dan dibenarkan oleh hati untuk menjadi orang islam.

Lafazh dua kalimat syahadat:

اَشْهَدُ اَنْ لَااِلٰهَ اِلَّااللّٰهَ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّٰهِ

ASYHADU AN LAA ILAAHA ILLALLAH, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH.

Artinya: Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah, Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad utusan Allah.

Bila seseorang yang bukan islam, mengucapkan dua kalimat syahadat dengan bersungguh-sungguh, yaitu membenarkan dengan hatiapa yang di ucapkan, maka dengan sendirinya masuk kedalam agama Islam dan orang tersebut wajib mengerjakan 5 Rukun Islam di atas.

Arti dari dua kalimat Syahadat masing masing ialah sebagai berikut:
1.Syahadat Tauhid:Artinya menyaksikan ke esaan Allah
2.Syahadat Rasul: Artinya menyaksikan dan mengakui pada Rasulan Nabi Muhammad saw.

Bagi orang yang akan masuk agama islam, dua kalimay syahadat harus diucapkan bersama-sama (berturut-turut) tidak boleh di pisahkan.

Penjelasannya:

Orang yang hendak menjadi muslim/mu'min, pertama dia harus mengucapkan dua kalimat shadat dengan faham maknanya.

Orang yang tidak dapat mengucapkakn dengan lisan karena bisu atau dikarenakan unsur lain, atau karena ajal telah mendahuluinya padahal hatinya sudah beriman, maka orang itu mu'min di hadapan Allah dan akan selamat kelak di hari kemudian. Tetapi orang yang tidak mau mengucapkan, maka orang itu tetap menjadi orang kafir.

Adapun arti Islam ialah tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan tulus dan ikhlas.

Iman dan Islam satu sama lainnya tidak dapat di pisah-pisahkan, sukar pula untuk dibedakan. Karena seseorang tidak dapat dikatakan mu'min jika dia tidak menyerahkan diri pada Allah dan menjunjung tinggi apa yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad saw. Begitu pula dia tidak akan menyerahkan diri dan menjunjung tinggi, jika dia tidak beriman. maka dari itu setiap mu'min pasti muslim dan setiap muslim pasti mu'min.

Pengertian Iman dan Islam dapat disimpulkan sebagai berikut.

"Mengikrarkan dengan lidah tentang adanya Allah dan hatinya membenarkan apa yang diikrarkan, kemudian melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangannya.

Mungkin itu saja yang bisa ROZIWEB bisa sampaikan kepada anda semua semoga dengan adanya artikel ini bisa lebih bermanfaat dan bisa merubah sifat anda yang buruk menjadi lebih baik kedepannya. Jangan lupa untuk anda share, koment dan apabila anda menemukan kalimat yang kurang pantas dan salah saya atas nama admin mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Author

0 Response to "Pengertian dan Penjelasan Mengenai Rukun Islam"

Post a Comment