Pengertian,Hukum,Rukun dan Syarat Puasa Secara Detail

Puasa ramadhan adalah puasa harus di laksanakan dan menjadi sebuah kewajiban bagi semua orang muslim yang sudah berakal,baligh, mampu untuk melaksanakan puasa dan tidak sedang masa haid atau nifas. Sedangkan untuk anak anak biasakan mengajarkan mereka mulai sejak dini karena suapaya mereka terbiasa berpuasa dan insyallah kedepannya dia lebih baik dan sudah terbiasa mengerjakan puasa.
Pengupasan Mengenai Bulan Puasa Ramadhan
Mengenal Bulan Suci Ramadhan

Pada saat bulan ramadhan tiba hukumnya wajib bagi semua orang yang sudah saya jelaskan di atas untuk melaksanakan puasa, sesuai dengan firman Alllah dalam surat Al-Baqarah ayat 183:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


Artinya:
Hai orang-orang yang beriman ,diwajibkan bagi atas kamu berpuasa sebagaimana atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Pengertian dari puasa sendiri itu apa sih min?

Pertanyaan yang bagus teman teman puasa sendiri menurut bahasa yaitu artinya menahan di sini menahan dalam arti menahan makan, minum yang di mulai dari terbitnya fajar sampai dengan terbenamnya matahari sedangkan menurut istilah puasa adalah meninggalkan makan dan minum bukan hanya itu akan tetapi juga meninggalkan segala perbuatan maksiat kepada allah.

Baca:Hukum Makan dan Minum Dalam Keadaan Lupa Bagi Orang yang Berpuasa

Apa saja syarat untuk orang yang wajib berpuasa min?

Terima kasih sudah mau bertanya syarat wajib orang berpuasa saya sudah jelaskan di atas akan tetapi saya akan jelaskan lagi, syarat wajib puasa ada 3 di antaranya sebagai berikut:

1.Berakal
2.Balligh
3.Mampu untuk berpuasa (kuat)

Untuk syarat sah puasa sendiri apa min?

Syarat sah puasa sendiri ada 4 yang di antaranya sebagai berikut:
1.Beragama islam
2.Tamyiz
3.Suci dari Haid dan Nifas
4.Masuk pada waktu yang sudah di perbolehkan untuk berpuasa.

Selain itu agan juga harus mengetahu Rukun puasa di antaranya sebagai berikut:
1.Niat
2.Imasak (Menahan diri dari perbuatan yang membatalkan puasa)

Untuk niat puasa sendiri ada dua pendapat ulama yang mengatakan yang pertama niat puasa dilakukan  atau di laksanakan setiap malam hari. Sedangkan yang kedua niat puasa bisa di lakukan atau di laksanakan satu kali niat untuk satu bulan. Tapi lebih tepatnya agan bisa menggunakan niat setiap hari karena jika agan lupa agan bisa membuat tulisan dan tempelkan di tempat yang agan lihat setiap hari.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada agan semoga dengan adanya artikel mengenai puasa ramadhan ini bisa lebih tahu dan mengerti tentang syarat wajib dan syah puasa dan juga pengertiannya. Apabila agan menemukan kesalahan kata atau tulisan dalam artikel ini saya atas nama adimin meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Author