Subtansi Ajaran Islam

Subtansi Ajaran Islam- Islam bukan hanya tentang akidah dan syari'ah, bukan hanya membawa perintah tentang rukun iman, atau hanya tentang rukun Islam. Lebih dari itu silam adalah agama ilmu dan kebudayaan, agama mewajibkan umatnya cerdas dan berilmu intelek. yang membawa misi untuk menjadikan umatnya cerdas dan berpendidikan.
Subtansi Ajaran Islam

Agama Islam adalah agama yang mencakup dua hubungan besar; hubungan horizontal (habl min al-nas), dan hubungan vertikal (habl min Allah). Dua hubungan ini mencakup aspek individu manusia sebagai makhluk individu, dan aspek pribadi manusia sebagai makhluk sosial. Kedua aspek tersebut masing masing memiliki keterkaitan yang erat antara yang satu dengan lainnya.

Manusia sebagai makhluk individu dituntut untuk mampu membangun hubungan vertiklanya kepada Allah dengan hubungan yang baik dan konsisten (Istiqomah), yaitu melaksanakan ibadah sebagai bentuk penghambaan dan ketaatan total (tauhid 'ubudiyah) kepada-Nya.Sebagaimana hal ini ditegaskan dalam al qur'an surat Al-Dzariyat ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-ku (QS. Al-Dzariyat :56)

Di samping sebagai makhluk individu, manusia juga adalah makhluk sosial yang diciptakan sebagai khalifah (pemimpin) di muka bumi. Oleh karena itu, manusia tidak hanya dituntut mampu untuk membangun hubungan vertikalnya saja dengan Allah. Lebih dari itu, manusia juga harus mampu membangun hubungan horizontal dengan lingkungannya:manusia dan alam sekitarnya.

Hubungan horizontal ini pun adalah sebagai bukti penghambat (tauhid nububiyah) kepada Khaliq yang juga menuntunnya untuk berakhlaq baik, membangun kehidupan sosial yang solid, rukun, damai, makmur dan sejahtera, baik dengan sesama muslim maupun lintas agama.

Sumber: Ensiklopedi Fiqih Jawabul Masail Bermadzhab Empat.

Mungkin itu saja yang bisa ROZIWEB ketik untuk anda semua semoga artikel ini bisa bermanfaat mengenai Subtansi Ajaran Islam, Jangan lupa untuk share dan komen ya, apabila anda menemukan kata atau kalimat yang salah atau tidak pantas saya atas nama admin mohon maaf yang sebesar-besarnya.

0 Response to "Subtansi Ajaran Islam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel