Tata Cara Merawat Rambut Dalam Islam

Merawat Rambut
Cara Merawat Rambut Dalam Islam-Pada pembahasan kali ini ROZIWEB masi membahas tentang rambut, rambut yang ada di kepala boleh dibiarkan ataupun dipotong. Rasullullah Shallallahu alaihi wa sallam sendiri, seperti disebutkan oleh Anas bin Malik, Beliau Rasullullah Shallallahu alaihi wa sallam memiliki rambut hingga mencapai setengah telinganya. (HR.MUSLIM). Bila ingin membiarkan rambut  di kepala, Rasullullah SAW memerintahkan untuk memuliakannya (merawatnya), sebagaimana sabdanya:

مَنْ كَانَ لَهُ شَعْرٌ فَلْيُكْرِمْهُ رواه أبوداود

Artinya:Barang siapa yang memiliki rambut, hendaknya dia memuliakannya {HR Abu Dawwud dari Abu Huraira.}

Imam al-Munawi berkata, "Memuliakan rambut maksudnya merapikannya, membersihkannya dengan cara membilasnya, memberinya minyak rambut dan menyisirnya. Jangan membiarkan acak-acakan sehingga terlihat kusut. Karena kebersihan dan penampilan yang baik termasuk dicintai dan diperintahkan (oleh agama), selama tidak berlebih-lebihan." Semua keterangan di atas terdapat dalam kitab al-Allamah al-Munawi, Faid al-Qadir Syrah al-jami' al-Shaghir, Mesir, Mushthafa Muhammad, Juz VI, hlm. 208.

Rasullullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam kesibukannya sebagai seorang Nabi (Rasul), pemimpin negara sekaligus pemimpin rumah tangga, senantiasa memperlihatkan kerapian rambutnya. Anas bin Malik ra. Berkata:

كَانَ رَسُوْلُ اللّٰهِ يُكْثِرُ دُهْنَ رَأْسِهِ وَتَسْرِيْحَ لِحْيَتِهَ وَيُكْثِرُ الْقَنَاعَ حَتَّى كَأَنَّ ثَوْبَهَ ثَوْبُ زَيَّاتٍ

Artinya:Rasullullah sering meminyaki rambutnya dan menyisir jenggotnya dan sering memakai tutup kepala, sehingga bajunya seperti baju penjual minyak. [HR Baihaqi dan Syarh al-Sunnah, No. 3, hlm.164].

Mungkin itu saja yang bisa ROZIWEB sampaikan kepada anda terima kasih sudah membaca artikel mengenai Tata Cara Merawat Rambut Dalam Islam semoga bisa membantu dan bermanfaat, apabila anda menemukan kata yang tidak pas atau salah saya atas nama admin mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Author

0 Response to "Tata Cara Merawat Rambut Dalam Islam"

Post a Comment