Cara Menghilangkan Rasa Sakit dan Nyeri Saat Menstruasi

Menstruasi
Menghilangkan Rasa Sakit Saat Menstruasi- Cara menghilangkan Rasa Sakit Saat Menstruasi- Menstruasi adalah sebuah perubahan fisiologis dalam tubuh seorang wanita dan di pengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Menstruasi juga biasanya disebut dengan Haid atau Datang Bulan. Biasanya Menstruasi ini terjadi pada seorang wanita yang mau beranjak dewasa sekitar umur 9 tahun (baligh). Menstruasi pada wanita siklus terjadi rata rata selama 28 hari akan tetapi ada yang 21 hari dan 30 hari, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang juga 2- 7 hari.

Apabila darah keluar lebih dari 15 hari maka itu dinamakan darah penyakit. Rata rata darah yang keluar dari saat menstruasi sekitar 10 mL sampai 80 mL per hari.

Rata rata hampir setiap wanita atau perempuan yang menstruasi/ haid setiap akan menstruasi mereka merasakan rasa sakit dan rasa sakitnya pun setiap perempuan berbeda-beda ada yang sakit sampai tidak bisa melakukan apa apa dan ada juga yang tidak begitu terasa sakit.

Berikut Gejala-Gejala Lain Yang Di Timbulkan Saat Menstruasi:

-Rasa Mual Setelah Makan
-Kepala Pusing dan Sakit
-Tubuh lebih mudah lelah dan lemeas
-Diare

Setelah anda mengetahui Gejala yang timbul saat menstruasi kali ini saya akan menjelaskan Bagaiamana Rasa Nyeri Saat Menstruasi / Haid Timbul , Penasaran bukan yuk langsung saja silahkan baca lebih lanjut di bawah ini:

Penyebab Rasa Nyeri Timbul Saat Haid atau Menstruasi


-Fibroid adalah pertumbuhan sel yang terjadi di bagian dinding rahim. Pertumbuhan sel pada dinding rahim tersebut bukanlah kanker, namun biasanya akan menjadi salah satu pemicu munculnya rasa nyeri ketika haid.

-Endometriosis adalah sel-sel rahim yang tumbuh di luar area rahim. Biasanya sel-sel tersebut tumbuh di area tuba falopi dan ovarium. Rasa nyeri haid biasanya akan muncul ketika sel-sel mulai terkikis seperti sel-sel rahim pada saat terjadi siklus menstruasi. (baca juga: penyebab darah beku saat haid).

-Adenomiosis adalah kondisi di mana jaringan lapisan dinding rahim mulai tumbuh ke lapisan bagian luar atau dinding otot rahim. Kondisi tersebut menyebabkan dinding rahim terkikis dan membuat nyeri haid.

-Penyakit radang panggul juga menjadi salah satu faktor yang memicu rasa nyeri ketika haid. Penyakit radang panggul terjadi ketika bakteri telah menginfeksi rahim, tuba falopi, dan juga ovarium. Akibatnya terjadi pembengkakan dan juga iritasi parah.

-Alat kontrasepsi IUD atau spiral juga bisa menyebabkan rasa nyeri ketika haid, terutama pada masa awal pemasangan alat kontrasepsi tersebut. Alat kontrasepsi IUD atau spiral terbuat dari plastik dan tembaga yang dimasukkan ke bagian rahim.

-Penyempitan serviks bisa dialami oleh beberapa perempuan. Kondisi ini terjadi ketika mulut rahim atau serviks tidak bisa terbuka secara lebar. Kondisi tersebut menyebabkan aliran darah menstruasi terhalang. Akibatnya terjadi tekanan pada dinding rahim dan menimbulkan rasa nyeri.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Nyeri Saat Menstruasi ?

Banyak yang bertanya tanya tentang pertanyaan ini Cara menghilangkan rasa nyeri saat haid baik kali ini saya akan menjelaskannya bagaiaman cara menghilangkan rasa sakit saat haid atau menstruasi:

Cara Menghilangkan Rasa Nyeri atau Sakit Saat Menstruasi 


1. Kasih Obat Pereda Nyeri Haid

Dengan mengkonsumsi obat ini biasanya rasa sakit yang timbul saat haid atau menstruasi biasanya bisa redah.

2.Kompres Perut

Melakukan relaksasi akan membantu memberikan rasa nyaman dan juga menghilangkan nyeri saat menstruasi.

3.Mengatur Asupan Makan

Mengatur asupan makan ternyata di percaya dapat meredakan rasa sakit atau nyeri saat haid (menstruasi).

4.Berbaring
5.Pijat
6.Kunyit Asam.
7.Istirahat yang cukup
8.Memberi asupan makanan yang kaya dengan zat besi.
9. Mandi dengan air hangat
10.Olahraga ringan.
11.Jangan Memakai Pakaian yang ketat
12.Minum air hangat.

Mungkin itu saja 12 cara menghilangkan rasa nyeri saat haid, semoga dengan adanya artikel menghilangkan sakit nyeri saat menstruasi bisa membantu anda , terima kasih sudah mau mampir dan berkunjung di blog yang sederhana ini.

Author