13 Amalan Yang Disunnahkan Dalam Malam 10 Asyura

Malam 10 Muharram
Rahasia Dibalik 10 Muharram- Keistimewaan Dalam Tanggl 9 dan 10 Asyura -Hari Asyura berasal dari bahasa arab yang artinya hari ke sepuluh di bulan Muharram. Hari ini memiliki keistimewaan tersendiri di dalam islam. Nabi Muhammad saw. biasa berpuasa pada hari itu dan memerintahkan umatnya untuk melakukan hal serupa.

13 Amalan Sunnah Dalam Tangg 9 dan 10 Muharram /Asyura 


1. Puasa

Puasa asyura di kerjakan pada tanggal 9 dan 10 muharram ,Rasulullah saw. bersabda: "Siapa yang berpuasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram) maka Allah SWT akan memberi kepadanya pahala 10.000 malaikat dan sesiapa yang berpuasa pada hari ‘Asyura (10 Muharram) maka akan diberi pahala 10.000 orang berhaji dan berumrah, dan 10.000 pahala orang mati syahid, dan barang siapa yang mengerjakan puasa asyura maka allah akan menghapus dosa setahun yang lalu.

Berikut Ini Adalah Niat Puasa Tanggal 9 dan 10 Asyura (Muharram)

Lafadz Niat Puasa Tasu'a (puasa 9 Muharram)

نَوَيْتُ صَوْم تَاسُعَاء سُنَّة لله تَعَالى

NAWAITU SAUMA TASU'A SUNNATALILLAHI TA'ALA
Artinya : "Saya niat puasa hari Tasu'a, sunnah karena Allah ta'ala."

Lafadz Niat Puasa Asyuro' (puasa 10 Muharram) 

نويت صوم عشر سنة لله تعالى

NAWAITU SAUMA 'ASYURA SUNNATAN LILLAHI TA'ALA
Artinya :Saya niat puasa hari ’Asyura , sunnah karena Allah ta’ala

2. Sholat Sunnah Mutlak 4 Rakaat (paling utama shalat Tasbih)

Disunnahkan untuk sholat sunnah mutlak 4 rakat setiap rokaat salam dan setiap rakat membaca surat Al Ikhlas 51 x , Kemudian di teruskan dengan doa.

3. Silaturrahim 

Dalam malam asyura ini di sunnahkan untuk silaturahmi kepada keluarga yang jauh atau yang dekat dengan tujuan menguhungkan silaturrahmi yang pernah putus atau jauh.

4. Ziarah Ke Orang Alim

Pada malam 10 muharram atau asyura disunnagkan untuk ziarah ke orang alim baik itu sudah wafat atau yang masih hidup.

5. Menjenguk Orang Sakit 

Di sunnahkan juga dalam malam 10 asyura untuk menjenguk orang yang sakit dan Barang siapa dalam malam 10 Asyura menjenguk orang sakit pahalanya seperti menjenguk semua umatnya nabi Muhammad S.A.W yang sedang sakit.

6. Memakai Celak Mata

Dalam malam 10 Asyura disunnahkan untuk memakai celak mata dan di anjurkan menggunakan batu celak.

7. Mengusap Sirah anak yatim

Amalan sunnah dalam malam 10 asyura yaitu mengusap sirah atau kepala anak yatim dan Rasullullah bersabda:Barang siapa yang mengusap kepala anak-anak yatim pada hari tersebut maka Allah SWT akan menaikkan dengan setiap rambut satu derajat.

8. Sodaqoh

Dalam bulan asyura ini di sunnahkan untuk bersodaqoh

9. Mandi sunnah dalam bulan asyurah

Dalam Malam 10 Asyura di sunnahkan untuk mandi seperti mandi besar akan tetapi niatnya di tujukan mandi sunnah bulan asyura.

10. Mengistimewakan keluarga 

Barang siapa yang mengistimewakan keluarga dalam bulan asyura insyallah dalam setahun yang akan datang dijauhkan dari kekurangan rizki. Biasanya memberikan uang belanja pada istri 50 ribu pada 10 asyura ini di lebihkan menjadi 100 ribu.

11. Membersihkan anggot badan

Semua yang disunnahkan dalam asyura yaitu membersihkan badan yang disunahkan seperti membersihkan semua bulu yang tumbuh di anggota badan.

12. Membaca Surat Al Ikhlas 1000x yang di hadiakan kepada orang tua

Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas pada bulan asyura sebanyak 1000x yang di hadiakan kepada orang tua yang meninggal dunia maka Allah akan meringankan siksa kuburnya, meski kedua orang tuanya orang kafir.

13. Memberi Makan Orang Pusa Pada Hari Asyura

Barang siapa yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa pada orang mukmin pada hari ‘Asyura, maka seolah-olah dia memberi makan pada seluruh umat Rasulullah saw. yang berbuka puasa dan mengenyangkan perut mereka.

Mungkin itu saja yang bisa saya ketik untuk anda semua semoag ketikan saya di atas mudah di pahami dan bermanfaat untuk anda jangan lupa share

Author

0 Response to "13 Amalan Yang Disunnahkan Dalam Malam 10 Asyura"

Post a Comment