7 Tips Aman Jual Beli Barang Melalui Media Sosial Online atau COD (Bayar Ditempat)

Tips aman jual beli barang online maupun cod

Cara Aman Membeli dan Menjual Barang Digroup Jual Beli (Facebook) - Cara Menghindari Penipuan Membeli Barang Online- Apa kabar teman-teman, kali ini saya akan memberikan sebuah tips bagaimana cara aman saat membeli barang di dunia maya (Group Facebook). Banyak sekarang di facebook membuat sebuah group jual beli mulai dari peralatan elektronik, hewan, dan juga barang-barang lain.

Memang sangat membantu sekali dengan adanya group group tersebut kita bisa membeli barang-barang dengan harga yang lebih murah dari pada harga aslinya, akan tetapi untuk membeli sebuah barang dari media sosial anda harus berhati-hati, karena banyak oknum yang memanfaatkan media sosial ini dengan tindak kejahatan yakni penipuan.

Banyak kasus penipuan yang terjadi saat membeli barang di media sosial, bukan hanya di tipu barang yg dijual saja melainkan ada juga yang di rampas semua barang-barangnya termasuk juga sepeda motornya (Pembegalan).

Bagi seorang cewek yang ingin menawarkan atau menjual barang ke media sosial untuk prosess COD jangan sendirian karena jika sendirian takut terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti yang saya sebutkan di atas tadi, bahkan juga bisa membahayakan diri anda yakni kasus pemerkosaan, Jadi jika mau COD silahkan anda minta temeni  saudara, kakak, ayah atau keluarga kamu biar aman.


Tips Aman Saat COD Membeli dan Menjual Barang


1.Silahkan Cek Profil Orang yang Menjual Barang Tersebut 

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu cek profil orang tersebut, kenapa begitu ? karena biasanya orang yang mau bertindak kejahatan seperti barang yang di jual memiliki kekurangan, bertindak kejahatan mereka menggunakan akun palsu.

Ciri-Ciri Akun Palsu:
-Foto Profil Tidak Ada
-Akun Baru Dibuat
-Menggunakan nama samaran
-Tidak ada status sama sekali di facebooknya seperti (status dan gambar kenangan).

2.Bawalah Teman Saat Melakukan Transaksi COD 

Membawa teman saat cod adalah langkah aman saat membeli sebuah barang di media sosial , karena jika ada sesuatu yg terjadi saat COD teman anda bisa membantu.

3.Hindari COD di Tempat yg Sepi

Tempat yang sepi biasanya di manfaatka oknum untuk tindak kejahatan oleh karena itu jika COD pilih tempat yang RAMI kalok bisa deket dengan Kantor Polisi atau Tempat keramaian.

4.Cermati Barang Yang Dibeli

Sebelum membeli barang silahkan cek  terlebih dahulu barang sudah normal semua atau tidak, jika tidak silahkan jangan beli barang tersebut meski barang tersebut di bawah harga pasaran.

5.Jika Sipenjual Sifatnya Memaksa Silahkan Patut Dicurigai

Biasanya orang yang ingin menipu mereka menekan agar produk yang di jual mereka agar cepat laku, maka silahkan cek betul-betul barang tersebut dengan teliti, jika anda tidak bisa cek sendiri silahkan bisa bawa teman yang memang ahli dalam bidang terebut untuk mengeceknya.

6.Jangan Tergiur Dengan Barang yang Harganya Lebih Murah

Kasus ini sudah banyak yang tertipu karena tergiur dengan harga yang murah mereka tidak menghiraukan bawah mereka kena tipu, embel-embel barang akan di kirim melalui JNE kita suruh transfer uang duluan, Hati-hati dengan kasus tersbut , Lebih enak memang COD (Bayar Ditempat) lebih aman di banding barang dikirim melalui JNE atau yg lain. Oknum tersebut meminta si korban untuk transfer uang terlebih dahulu jika sikorban sudah transfer uangnya mereka akan memblokir semuanya (inbox atau Wa).

7.Pilih Tempat COD yang Ramai

Hal ini dilakukan untuk antisipasi bahwa sipenjual memang bener-bener ingin menjual barang bukan untuk menipu, Menghindari juga dari kejahatan. Biasanya orang yang ingin menipu atau bertindak kejahatan mereka bersikeras ingin COD atau Ketemuan ditempat yang sepi.

Note:
-Jika memang ingin jual beli barang silahkan anda bisa menjual melalui web resmi yang sudah terkenal seperti Tokopedia, Lazada dan lain-lain

-Jangan mudah transfer uang

-Manfaatkan Rekening Bersama (Rekber).

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaiakn Tips Aman Jual Beli Barang Online maupun COD jangan lupa untuk share ya teman-teman jika menurtu anda ini penting dan berguna.Terima kasih sudah mau membaca artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel