Cara Baru Menjadi Seorang Full Stack Developer Profesional

Cara menjadi seorang full stack developer
Full Stack Developer

Cara Menjadi Seorang full Stack Developer - Cara Menjadi Full Stack Developer Sukses-Ada beberapa cara menjadi seorang full stack developer yang harus kamu ketahui bisa dengan cara membangun dasar pemahaman yang kuat tentang setiap bahasa pemrograman, mengambil kursus, menentukan area fokus belajar, bergabung dengan beberapa komunitas yang memiliki hobi sama dan yang terakhir adalah mulai menciptakan karya sendiri. Full stack developer adalah sebutan bagi mereka yang mampu membangun sebuah website dari frontend (desain web) sampai backend (coding web).

Apakah menjadi seorang full stack developer adalah hal yang mudah ?

Tentu semuanya butuh proses, anda tidak akan bisa menjadi seorang full stack developer dalam waktu yang singkat kecuali memang memiliki kemampuan khusus. Sebagai seorang developer banyak tantangan yang akan anda dapatkan dari setiap konsumen, oleh karena itu, anda harus mempelajari mulai dari cara mendesain sebuah web (frontend) dan memahami setiap bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi. Tanpa itu, anda tidak akan bisa menjadi seorang full stack developer.

Beberapa Langkah Menjadi Seorang Full Stack Developer Profesional


1. Membangun dasar pemahanan bahasa pemrograman yang kuat

Mulailah sedikit demi sedikit membangun pemahaman setiap bahasa pemrograman yang mau anda pelajari. Jika anda ingin menjadi full stack developer website, mulai pelajari HTML, CSS, JavaScrip untuk bagian Frontend dan untuk bagian Backend anda bisa mempelajari PHP, Ruby, Database, Node JS. Bukan hanya itu saja yang harus anda pahami, cobalah juga belajar tentang jaringan, algoritma ataupun struktur data karena semuanya nanti akan saling keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

Baca Juga: Cara Memperoleh Penghasilan Tanpa Modal Sepeserpun Dari Internet

2. Menentukan Fokus belajar

Setelah anda memahami setiap bahasa pemrograman tersebut, sebaiknya mulailah untuk menentukan fokus belajar anda. Jika anda mempelajari banyak bahasa pemrograman dalam 1 waktu secara bersamaan, biasanya akan memperlambat proses pemahaman anda tentang bahasa pemrograman tersebut, hal ini akan menghambat proses belajar anda. Menentukan Fokus belajar adalah pilihan terbaik yang harus anda lakukan.

3. Mengambil Kursus sesuai fokus belajar

Untuk dapat lebih memahami apa yang sudah anda pelajari dan tekuni, cobalah untuk mengambil kursus belajar agar wawasan serta pemahaman anda menjadi lebih luas. Jika ada permasalahan yang tidak bisa anda selesaikan sendiri, paling tidak ada mentor yang siap membantu anda menyelesaikan permasalahan tersebut, itulah pentingnya mengikuti kursus belajar.

4. Mencari komunitas dan ikut bergabung

Pada saat ini sudah banyak berdiri beberapa komunitas belajar yang bisa anda temukan diinternet, carilah komunitas yang anggotanya benar-benar aktif serta banyak intraksi yang berlangsung setiap harinya dalam komunitas tersebut. Anda bisa memanfaatkan hal ini. Mulailah membangun sebuah pertanyaan-pertanyaan yang kiranya membantu anda untuk menjadi seorang full stack developer. Anda juga akan mendapatkan banyak teman dari setiap komunitas tersebut, jalinlah kerjasama dengan mereka.

5. Mulailah menciptakan karya sendiri

Jangan pernah mengambil karya orang lain, seorang full stack developer anti melakukan hal itu. Dari jerih payah anda belajar dari hari ke hari, mulai dari pemahaman setiap bahasa pemrograman, menentukan fokus dan mengikuti kursus. Saya yakin jika anda bersungguh-sungguh mengikuti setiap prosesnya, anda akan mempu menghasilkan karya sendiri, yang kiranya akan memberikan manfaat kepada orang lain. Anda bisa memberikan karya awal tersebut gratis kepada semua orang, anggap saja sebagai promosi produk. Namun seiring dengan meningkatnya kemampuan anda nanti, anda bebas menentukan harga jual karya yang anda miliki.

Baca Juga: Pacar Vs Orang Tua ! Apa Kalian Sudah Melakukan ini ?

Ingat brother, semuanya butuh proses dan setiap usaha yang anda lakukan, tentu tidak akan menghianati hasil yang kiranya nanti akan anda dapatkan. Menjadi seorang full stack developer bukanlah hal yang mudah dan bukanlah hal yang mustahil !.

Terima Kasih Banyak kalian sudah membaca artikel Tips Menjadi Seorang Full Stack Developer Terbaru , semoga dengan adanya artikel di atas bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang bercita-cita menjadi seorang full stack profesional.

0 Response to "Cara Baru Menjadi Seorang Full Stack Developer Profesional "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel