Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Kepemimpinan
Kepemimpinan-Perbedaan Pemimpin dan Kepemimpinan-Pada pembahasan kali ini roziweb akan menjelaskan tentang ilmu pengetahuan tentang kawirausahaan, dalam wirausaha tentunya ada yang namanya seorang atasan dan bawahan bukan nah penjelasan kali ini saya akan menjelaskan tentang seorang atasan (pemimpin) dan juga kepemimpinan, langsung saja silahkan baca di bawah ini.

Apa Itu Wirausaha?

Wirausaha adalah seorang pemimpin di mana pun berada, kegunaan tepat untuk mempertanggungjawabkan kepemimpinannya terhadap pengikutnya. Jika seorang pemimpin sudah berkeinginan mempengaruhi orang lain untuk tujuan, berarti telah terjadi kegiatan kepemimpinan. Pemimpin adalah orangnya sedangkan kependidikan adalah kemampuannya.

Pemimpin dan kepemimpinan yang mempunyai arti penting dalam sebuah kelompok jika terjadi masalah. Misalnya mengatasi masalah, mengatasi resiko, konflik, dan perselisihan diantara orang-orang dalam kelompoknya.Peran pemimpin sangat dibutuhkan untuk meletakkan pondasi usaha dan manajemen yang baik. Kepemimpinan terkadang diartikan sebagaipemegang kekuasaan pembuat keputusan serta inisiatif agar tujuan organisasi bisa tercapai dengan baik.

Berikut ini dikemukakan rumusan mengenai batasan kepemimpinan (leadership) menurut beberapa ahli.

A. Prof.Dr. Sarwono Prawirohardjo

Kepemimpinan (leadership) adalah tingkah laku untuk mempengaruhi orang lain agar mereka dapat memberikan kerjasama dalam pencapaian suatu tujuan yang menjadi pertimbangan mereka perlu dan bermanfaat.

B. George R. Terry

Kepemimpinan (leadership)
adalah kegiatan untuk mempengaruhi orang untuk bekerja sama secara sukarela untuk mencapai tujuan bersama.

Dari penjelasan tentang batasan kepemimpinan dari beberapa ahli tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa seorang pemimpin yang cerdas bukanlah suatu jaminan untuk memimpin Suatu unit organisasi yang efektif dan efisien.karena seorang pemimpin selain memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memimpin juga dituntut untuk berperilaku sebagai panutan dan telat dan bawahannya.

Adapun pengertian pemimpin menurut beberapa ahli sebagai berikut:

A. Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Atmosudirjo

Pemimpin adalah orang yang mempengaruhi orang lain agar orang tersebut mau menjalankan apa yang dikehendakinya.

B. Prof. Dr. Sarwono Prawirodiharjo

Pemimpin adalah orang yang berhasil mempengaruhi pada bawahannya perasaan ikut serta dan ikut bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sedang diselenggarakan di bawah pimpinannya.

Berdasarkan beberapa pendapat tersebut pengertian pemimpin dapat diambil kesimpulan, bahwa seorang dapat dikatakan seorang pemimpin (leader) Meskipun tidak ada ikatan ikatan yang tumbuh di dalam suatu organisasi.hal yang terpenting untuk seseorang dapat dikatakan sebagai pemimpin adalah orang tersebut dapat mempengaruhi tingkah laku dan perbuatan orang lain agar mereka menuruti kehendak Nya.

0 Response to "Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel