3 Gaya Seorang Pemimpin yang Efektif Menurut Beberapa Pakar Psikologi

Gaya Seorang Pemimpin yang Efektif
Gaya Seorang Pemimpin -Pada pembahasan kali ini saya akan menejelaskan tentang beberapa pendapat tentang gaya seorang pemimpin yang efektif, nah apa kamu tahu bagaimana gaya seorang pemimpin yang efektif? bagi yang sudah tau kamu bisa membacanya ulang agar pengetahuan tentang sikap pemimpin bisa lebih nempel dan bagi yang belum tahu silahkan baca artikel di bawah ini semga bisa di mengerti tutur kata dan bahasanya,

Menurut beberapa pakar psikologi, tiga gaya seorang pemimpin yang efektif adalah sebagai berikut.


A. IQ (intellrgent Quotien)


Tuan mengolah pola pikir rasional secara tepat dan efektif untuk mengambil keputusan secara tepat.Pemimpin harus mempunyai daya ingat yang kuat dan juga pandai menganalisis informasi-informasi yang diterimanya untuk menghasilkan hal-hal yang positif dan memajukan perusahaan. Dalam hal ini, biasanya Pemimpin juga harus meningkatkan kecerdasan emosional (EQ).

B. EQ (Emotional Quotien)


Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengelola perasaan sehingga terekspresikan secara tepat dan efektif yang memungkinkan orang bekerja sama dengan lancar menuju sasaran bersama (Daniel Goleman, 1997).

Oleh karena itu, pemimpin di sini harus juga mempunyai EQ yang baik untuk bisa memecahkan masalah-masalah penting. Karena dengan EQ yang baik,seseorang akan bisa menjaga kualitas kualitas emosi yang seimbang.kualitas kualitatif sebut meliputi empati mengungkapkan dan memahami perasaan, mengendalikan amarah, kemandirian, kemampuan menyesuaikan diri, disukai, kemampuan memecahkan masalah secara pribadi, ketekunan, kesetiakawanan, sikap hormat, dan lain sebagainya.

Beberapa ahli menuliskan bahwa manfaat kecerdasan emosional EQ bagi seorang pemimpin antara lain sebagai berikut.

1. Membantu IQ (Intelegential Quentint) dalam memecahkan masalah, pengambilan keputusan yang tepat dan cepat.
2. EQ yang diarahkan secara konstruktif akan meningkatkan kinerja intellektual
3. Membantu lebih mengenal diri sendiri
4. Menjaga keseimbangan antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan orang lain
5. Pembantu pemimpin dalam mengembangkan perannya
6. Dapat melakukan komunikasi secara terbuka
7. Menyalin teamwork yang sangat efektif dan sinergis
8. Meningkatkan kreativitas dan inovasi.

C. SQ (Spiritual Quotient)


SQ (Spiritual Quotient) adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan makna dan nilai atau kecerdasan yang digunakan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita. Perlu diketahui bahwa SQ ini adalah tingkat kecerdasan tertinggi kita.SQ mengintegrasikan semua kecerdasan agar benar menjadi manusia seutuhnya baik secara intelektual, emosional, dan spiritual karena SQ Mencari makna Hakiki.

Danah Zohar dan Ian Marshall dalam bukunya SQ mengatakan bahwa tanda-tanda SQ yang telah berkembang dengan baik mencakup hal-hal sebagai berikut.

1. Lampu bersifat fleksibel (adaptive secara spontan dan aktif)
2. Tingkat kesadaran diri yang tinggi
3. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan
4. Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit
5. Keberadaan hidup yang diilhami oleh Sisi dan nilai-nilai.

Akan sangat luar biasa jika wirausahawan memiliki semua kualitas tersebut. Semakin banyak keterampilan yang dimiliki maka akan semakin mudah untuk menangani sebuah usaha. Namun kebanyakan dari kita hanya memiliki beberapa jenis keterampilan saja. Ada yang memiliki keterampilan dalam membujuk orang lain, tetapi kurang kualitas. Adapun ada yang tahan terhadap tekanan yang ada,tetapi tidak pandai berkomunikasi dengan orang lain, yang penting adalahmampu mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan apa yang menjadi kekurangan masing-masing.

Author

0 Response to "3 Gaya Seorang Pemimpin yang Efektif Menurut Beberapa Pakar Psikologi"

Post a Comment