Ciri-ciri Seorang Pemimpin yang Baik dan Ideal Menurut Stephen R. Covey

Ciri Seorang Pemimpin 
Ciri-ciri yang Dimiliki Seorang Pemimpin-Cara Menjadi Pemimpin yang Baik - Bertemu lagi dengan roziweb, pada pembahasan sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang "Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan Menurut Para Ahli" dan pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang Bagaimana Ciri Seorang Pemimpin , apa saja Ciri-cirinya mari simak artikel di bawah ini:

Stephen R. Covey dalam bukunya "Principle Central Leadership" (1997 halaman 29-37), mengeluarkan prinsip tersebut adalah sebagai berikut:

Ciri-Ciri yang Dimiliki Seorang Pemimpin Baik dan Ideal


A. Selalu Belajar  (terus menerus)

Belajar bukan berarti pendidikan dalam sekolah saja, tetapi juga di luar sekolah. Sebagai contoh pelajar dengan membaca,melihat dan mendengar perubahan produk yang diminati konsumen.berbagai pengalaman yang baik maupun Pengalaman yang buruk dapat dipakai sebagai sumber belajar seorang manajer perusahaan.dengan kata lain Pemimpin harus selalu mengikuti pelatihan dan keterampilan keterampilan baru.

B. Berorientasi pada pelayanan

Seorang pemimpin tidak hanya dilayani, tetapi mampu melayani berbagai pihak. Karena prinsip pemimpin yang berprinsip bukan pada karir tujuan, tetapi juga pada pelayanan. Hal ini mengacu pada konsep pelayanan prima A3 (attitude, attention, action).

C. Memancarkan energi positif

Setiap orang memiliki suatu energi dan semangat.Penggunaan energi yang positif dilandasi dengan hati dan semangat pendukung keberhasilan seseorang. Untuk menjadi pemimpin yang baik, diperlukan suatu energi yang positif.

D. Mempercayai orang lain

seorang pemimpin mampu memberikan kepercayaan pada orang lain termasuk bawahannya,sehingga bawahnya termotivasi untuk bekerja lebih baik. Dalam bersikap mempercayai orang lain, perlu disertai dengan unsur kewaspadaan, sehingga tidak begitu saja percaya pada seseorang.

E. Hidup seimbang

Mampu membuat suatu keseimbangan antara tugas dan berorientasi pada kemanusiaan serta keseimbangan diri antara pekerjaan dan kemampuan untuk berolahraga, istirahat, dan refreshing. keseimbangan juga berarti keseimbangan hidup didunia maupun diakhirat.

F. Melihat hidup sebagai petualang

petualang dalam pengertian ini adalah mampu menikmati hidup dengan segala konsekuensinya, karena hidup adalah suatu petualangan. Seseorang memiliki rasa taman yang datang dari dalam dirinya sendiri. Rasa aman terletak pada inisiatif, skill, kreativitas, kemauan, keberanian, dinamika, dan kecerdasan.

G. Sinergik

di sini seorang pemimpin diharapkan selalu bisa memperbaiki kelemahan-kelemahan dirinya dengan kekuatan orang lain. Sinergi adalah bekerja sama (walking together) yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Seorang pemimpin harus mampu melaksanakan Sinergi dengan siapa saja, baik dengan akhlak atasan, teman sejawat maupun bawahannya.

H. Selalu berlatih memperbarui dirinya

Seseorang Pemimpin harus mempunyai prinsip bukan hanya berorientasi pada suatu produk saja, tetapi diharapkan juga berorientasi pada proses yang akan mendapatkan hasil yang maksimal.realisasi dari prinsip tersebut adalah selalu berlatih untuk memperbarui diri agar bisa mampu mencapai prestasi yang tinggi.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas kali ini semoga bisa membantu dan bermanfaat mengenai ilmu kawirausahaan di atas, terima kasih bagi yang sudah membaca artikel di atas, jangan lupa untuk share ya dan nantikan artikel update di situs ini.

0 Response to "Ciri-ciri Seorang Pemimpin yang Baik dan Ideal Menurut Stephen R. Covey"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel