Perilaku Ulet yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausahawan

Wirausahawan
Artik Sikap Ulet Seorang Wirausaha-Seorang wirausahawan dikatakan oleh jika mempunyai kepribadian yang tangguh, kuat, tidak mudah putus asa, ten mempunyai cita-cita yang tinggi tapi kemajuan usahanya.

Wirausahawan yang oleh berarti dia mencurahkan segalanya berupa tenaga, harta, pikiran, waktu untuk keberhasilan usahanya. Sebaliknya, seseorang yang tidak berjiwa wirausaha, pasti orangnya tidak akan berani mengambil risiko atau berspekulasi dengan hartanya untuk berinvestasi. Apalagi mencurahkan sebuah pikiran, tenaga, stand waktu untuk sebuah pekerjaan.

Seorang wirausaha yang mampu menerjemahkan analisis SWOT tidak hanya untuk sebuah bisnisnya, tetapi alangkah baiknya jika menerapkan untuk dirinya sendiri, seperti bahasan di bawah ini.

A. Strenght

yaitu wirausaha harus mampu melihat ke dalam dirinya apa yang menjadi kekuatan sehingga dapat mengukur kemampuan dan potensi yang ada pada dirinya.

Contoh
Seorang yang baru saja melangkah membuka usaha baru harus bisa mengenali dirinya sendiri lebih dalam, pedang usaha apa yang layak untuk bisa dijalankan sesuai dengan kemampuannya.

B. Weaknees

Yaitu mampu melihat kelemahan yang ada di dalam dirinya. Dengan begitu diharapkan dapat ini makan kekurangannya dengan cara mau belajar dan memperbaiki diri sehingga dapat mengubah kekurangannya menjadi kelebihan.

Contoh
Andre wongso adalah salah seorang motivator sukses di indonesia. Ia terlahir dari sebuah keluarga miskin yang hidup serba kekurangan. Pendidikannya hanya sampai tingkat sd kelas 6, conchita sampai lulus. Namun, kini dia dijuluki sebagai motivator nomor satu indonesia.

C. Opportunity

Yaitu kemampuan melihat peluang yang ada dengan mengasah kepekaan dan kreativitas.

Contoh:
sekelompok mahasiswa dan alumni mahasiswa universitas gadjah mada yogyakarta memiliki ide untuk membuat ciri khas baru tentang yogyakarta dalam hal cinderamata. Akhirnya dibukalah counter penjualan Dagadu di Lower Ground Malioboro Mall, yogyakarta untuk pertama kalinya.

D. Threat

Yaitu ancaman yang biasanya berasal dari luar, misalnya dari pesannya mempunyai usaha sejenis, gejolak perekonomian secara umum, aturan pemerintah dan lain-lain.

Contoh:
Pedagang siomay mengubah barang dagangannya dengan siomay hot plate karena ingin menguasai pangsa pasar dengan mengalahkan pesaing pesaingnya.

Pada hakekatnya, dengan sikap pantang menyerah dan ulet,diharapkan bagi seorang wirausahawan bisa mengatasi tantangan dan hambatan yang dihadapinya. Seorang wirausahawan selalu memandang kegagalan adalah awal dari sebuah kesuksesan yang tertunda,singgah dengan adanya kreativitas dan inovasi yang selalu dijalankan bisa mengubah keadaan bisnis menjadi lebih maju dan memperoleh segala yang dicita-citakan.

Demikian juga seorang wirausahawan tidak hanya dituntut kecerdasan nya, tetapi juga harus gigih, mau berkorban,pantang menyerah tidak takut akan kegagalan dan berani mengambil risiko karena yakin bahwa sesuatu yang dijalankan pasti akan meraih keberhasilan.

Author

0 Response to "Perilaku Ulet yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Wirausahawan"

Post a Comment