Terapkan Hal ini Di Lingkungan Rumah Untuk Mencegah Banjir

Tips Mencegah Banjir Dilingkungan Rumah-Banjir bukanlah hal asing lagi di Indonesia ini, Bagi warga yang tingal di pinggir sungai (sungai-sungai besar) banjir merupakan hal menakutkan karena rumah dan harta mereka jika banjir datang semuanya bisa hilang terbawa air banjir, bahkan bisa membuat tempat tinggal mereka rusak parah.

Banjir terjadi di sebabkan karena keadaan alam namun dapat juga dipicu oleh tindakakan manusia,banyak yang memicu terjadinya banjir karena ulah manusia seperti membuang sampah di sungai.

Tanpa ia sadari hal tersebut merupakan salah satu pemicu terjadinya banjir, sekecil apapun sampah yang dibuang kesuangi maka dia menyumbang terjadinya pemicu banjir. masih mau membuang sampah disungai? Buanglah sampah pada tempatnya, apa susahnya tinggal memasukkan sampah ditempatnya,nanti juga ada yang mengambil dan di bawah TPA (Tempat Pembuangan Sampah Akhir).

Tips Mencegah Terjadinya Banjir
Jika dareah teman-teman adalah kawasan rawan banjir coba terapkan beberapa hal di bawah ini agar bisa mengurangi terjadinya banjir dan bagi kawasan yang tidak rawan banjir juga bisa menerapkan langkah-langkah ini untuk lebih terhindar dari yang namanya banjir.

Tips atau Langkah Mencegah Terjadinya Banjir di Lingkungan Rumah


1. Semua Warga di Wajibkan Mempunyai Bak Sampah di Depan Rumah

Tujuan mempunyai bak tempat sampah didepan rumah yaitu setiap limbah atau sampah yang sudah dihasilkan dari masing-masing rumah harap di masukkan kedalam bak sampah yang ada dipean nantinya, jika sudah bekerja sama atau dalam perumahan ada petugas yang mengambil dan di proses ke TPA. Jika tidak ada yang memungutnya bagaimana? jika tidak ada petugas maka kalian harus berupaya agar ada petugas TPA mengambil sampah tersebut.

2. Kerja Bakti Setiap 2 Minggu Sekali

Lakukan kerja bakti setiap seminggu sekali atau 2 minggu sekali untuk membersihkan sampah-sampah atau dedaunan yang ada di selokan,sungai atau di tempat yang di aliri air.Jadi jika terjadi banjir maka aliran air menjadi lancar tidak ada 1 sampah pun menyumbat saluran air tersebut. Hal ini bukan hanya untuk agar terhindar dari banjir saja melainkan dapat menghindarkan keluarga anda dari penyakit seperti nyamuk dan lain-lain

3. Ada Sanksi Tegas Bagi Warga yang Membuang Sampah Sembarangan

Mungkin di daerah kawasan kalian tinggal di adakan sanksi bagi orang atau warga yang membuanng sampah sembarangan, jadi kaish sanksi atau denda bagi warga yang membuang sampah sembarangan, dengan begitu orang jadi takut untuk membuang sampah di sembarang tempat.

4. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu hal yang harus kalian lakukan agar terhindar dari banjir, bukan hanya untuk individu melainkan untuk semua orang harus membuang sampah pada tempatnya, Bagi orang masih suka membuang sampah sembarangan mulai sekarang buanglah pada tempatnya karena jika lingkungan anda bersih dan bebas banjir maka anda juga salah satu penikmat itu, lihat orang diluar sana yang terkena bencana banjir kesusahan untuk melakukan aktifitas dan terpaksa mengungsi, kesadaran anda disini untuk membuang sampah pada tempatnya.

5. Dilarang Membuang Sampah ke Sungai,Selokan atau Parit yang Menjadi Tempat Mengalirnya Air

Setelah membuang sampah ditempatnya, maka terapkan hal ini juga dalam lingkungan masyarakat yakni membuat tulisan atau hal lain yang membuat warga tidak membuang sampah, janganlah membuang sampah kesungai karena itu bukan tempat pembuangan sampah, dari sampah tadi anda buang kesuangi dapat memicu terjadinya banjir.

Memang beberapa hal diatas susah untuk diterapkan dimasyarakat tapi dengan adanya kesadaran marilah bergotong royong untuk membangun kawasan bersih dan bebas banjir,jika lingkungan tempat anda tinggal bersih maka bukan terhindar dari banjir saja tapi dari penyakit.

Itu tadi hal yang bisa saya sampaikan hari ini semoga bisa bermanfaat dan membantu , jangan lupa untuk share apabila memang penting dan nantikan informasi terbaru dan terupdate di blog ini yang pastinya informasi di dalamnya menarik untuk dibaca.

Author

0 Response to "Terapkan Hal ini Di Lingkungan Rumah Untuk Mencegah Banjir"

Post a Comment