Tips Merawat Baterai Laptop Baru Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Tidak Cepat Habis,Drop atau Rusak-Laptop merupakan benda yang familiar di kalangan masyarakat terutama bagi orang pekerja kantoran, pelajar dan mahasiswa sudah tidak asing lagi, karena dengan adanya laptop dapat membantu pekerjaan mereka seperti mengerjakan tugas dsbg.

Tapi pembahasan kali ini saya tidak menjelaskan tentang defenisi laptop melaikan cara merawa baterai laptop, Baterai laptop adalah komponen penting yang harus dijaga karena merupakan sumber daya dari laptop supaya bisa menyala.

Tips Merawat Baterai Laptop
Banyak pertanyaan cara merawat baterai agar tidak cepat drop atau rusak itu gimana, cepat rusaknya baterai laptop itu tergantung dari pemakaian sobat loh, jika tidak sembarangan maka baterai laptop sobat bisa bertahan lama bahkan bisa sampai 5-6 tahun.

Biasanya baterai lama kelamaan pasti akan rusak karena peforma yang dimiliki baterai mulai menurun apabila sudah cukup tua usia laptopnya. Tapi semuanya itu tidak mejamin kok dan disini saya akan membagikan tips merawat baterai laptop baru agar baterai tidak cepat rusak atau drop di bawah ini:

Cara Ampuh Merawat Baterai Laptop Tanam Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak atau Drop


1. Laptop Jangan Sampai Kehabisan Baterai

Tips pertama yaitu jaga baterai laptop dan jangan sampai kondisi laptop sobat kehabisan baterai karena dengan kehabisan baterai otomatis laptop akan mati mempunyai dampak negatif terhadap baterai seperti drop atau tusak,bukan hanya itu saja dampak negatif bagi kesehatan hardisk apabila laptop sering mati karena kehabisan baterai dampkanya hardiks bisa bad sector.

Solusi:

Dalam laptop biasanya terdapat indikator baterai yang menunjukkan bahwa baterai akan habis dengan begitu anda bisa langung menchargernya apabila indikator baterai sudah nyala jangan sampai kehabisan (0%).

2. Segera Cabut Charger Bila Baterai Sudah Full

Banyak orang mencharger laptop dibiarkan sampai besok atau ditinggal , hal tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya baterai laptop cepat rusak, karena aliran listrik terus mengalir apabila charger tidak dilepas sedangkan baterai full dan baterai tidak kuat menampung daya listrik maka baterai bisa down peorma tau rusak.

Solusi:

Waktu charger laptop biasanya 2-4 jam jadi buatlah alaram apabila anda mencharger laptop agar supaya tidak lupa untuk mencabutnya.

3.Jangan Menggunakan Laptop Sambil di Charger (Cas)

Hal ini bisa sobat temukan pada saat bermain game atau nonton vidio, hal tersebut tidak dianjurkan karena dapat membuat baterai laptop drop atau rusak, tahukah anda jika bermain game atau nonton vidio merupakan salah satu aktifitas membuat baterai boros, karena daya serap saat bermain game atau menonton vidio sangat besar.

Solusi:
Jika sobat ingin bermain game, lebih baik menggunakan pc atau kewarnet , lebih sayang mana laptop atau bayar 3-10 ribu nyewa pc di warnet untuk bermain game jika menggunakan laptop baterai dan rusak maka sobat harus membeli baterai laptop dengan harga sekitar Rp:600.000 tergantung tipe dan merek lapop.

Jika memang baterai sudah habisa charger terlebih dahulu dan tunggu hingga baterai full kemudian bisa sobat gunakan lagi.

4.Jika Laptop Sobat Baru Silahkan Cas Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Bukan hanya handphone saja yang harus di cas ketika beli baru melainkan laptop harus seperti itu karena hp atau laptop baru daya baterai tidak digunakan sama sekali jadi harus diisi terlebih dahulu. Memang ada daya baterainya lebih baik di cas dan nanti apabila baterainya sudah penuh bisa sobat gunakan.

5.Hemat Daya Jika Tidak Digunakan Browsing Dengan Mematikan Wifi

Wifi merupakan salah satu fitur yang daya serap baterai lumayan besar, jadi misal sobat tidak memerlukan koneksi internet di matikan terlebih dahulu agar supaya baterai laptop cepat awet dan tidak sering menchargernya.

6.Redupkan Layar Untuk Menghemat Daya Baterai

Dengan meredupkan layar merupakan salah satu cara menghemat daya baterai, hal ini hampir sama dengan di atas. Jadi sama sama menghemat baterai agar supaya tidak sering mencharger karena apabila sering mencharger dapat menurunkan peforma baterai.

7.Saat Mencharger Laptop Pastikan Kondisinya Mati

Jika sobat sedang mencharger laptop usahakan kondisi laptopnya mati agar supaya baterai fokus mengisi berbeda jika sobat mencharger dengan kondisi laptop nyala jadi baterai mengisi sekaligus mengeluarkan jadi tidak baik untuk kesehatan baterai alangkah lebih baik silahkan matikan terlebih dahulu saat mencharger laptop.

8.Gunakan Charger Original

Banyak orang yang sembarangan menggunakan charger, padahal hal tersbut membuat baterai laptop cepat drop,rusak atau soak. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? karena semua laptop sudah disediakan chargernya masing-masing dengan voltase yang sudah standart untuk merek atau jenis laptop tersebut, apabila sobat menggunakan charger berbeda otomatis voltase input output dari charger itu berbeda yang dapat menyerang bateri sepertii drop bahkan rusak.

Solusi:

Gunakan charger yang original jangan gunakan charger yang bukan ori atau kw karena charger tersebut bisa membuat bateri laptop anda cepet sowak

Tadi di atas merupakan Cara Merawat Peforma Baterai Agar Tidak Cepat Drop , jadi sobat semua bisa terpakan dirumah , Terima kasih sobat sudah mampir dan membaca artikel di atas semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jangan lupa untuk share, nantikan informasi terbaru di blog ini.

0 Response to "Tips Merawat Baterai Laptop Baru Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel