Cara Membedakan ROM MIUI Stable,Developer dan Distributor Lengkap Beserta Ciri-Cirinya

Ciri-Ciri Dan Perbedaan Rom Distributor Abal-Abal Dengan Rom Global Stable Pada Xiaomi

Perbedaan,Ciri,Macam dan Jenis-Jenis ROM MIUI-Perbedaan dan Ciri-Ciri ROM MIUI Global atau China, Developer dan Distributor- Berbicara ROM MIUI banyak orang yang bingung tentang jenis ROM MUIU ini karena di internet sudah beredar dengan berbagai nama dan istilah.

ROM MIUI merupakan salah satu Custom ROM dari Android  (Android Open Source Project) atau orang-orang meneganl dengan singkatan AOSP. Dari situlah ROM ini dikembangkan oleh pihak developer xiaomi sesuai yang mereka inginkan dengan memberikan sentuhan-sentuhan fitur baru, tujuannya untuk meningkatkan peforma dan mempercantik ROM MIUI tersebut.

jenis,macam,perbedaan dan ciri-ciri rom miui

Tahukah sobat bahwa ROM memiliki beberapa jenis yang harus diketahu diantaranya sebagai berikut:

1. ROM Stable  (ROM Global dan ROM China)

2. ROM Developer (ROM Dev Global dan ROM Dev China)

3. ROM Distributor (ROM  Modifikasi User)

Ada juga ROM MIUI yang sudah dimodifikasi oleh beberapa orang dengan tujuan tertentu yang disebut dengan ROM Distributor. Sampai disini apa sobat masih belum faham tentang ciri dan perbedaan ROM Miui Global/China,Developer dan Distributor, memang agak susah teman-teman untuk memahami ciri dan perbedaannya namun saya akan coba jelaskan dibawah ini apa saja ciri dan perbedaan dari ROM MIUI ini simak dibawah ini:


Ciri dan Perbedaan ROM MIUI Global/China, Developer & Distributor


A. ROM Stable  (ROM Global dan ROM China)

ROM Stable merupakan sebuah ROM yang dikembangkan oleh MIUI Resmi. Jadi nantiya ROM ini akan selalu update setiap ada pembaruan dari pihak MIUI terhadap ROM tersebut.ROM Stable ini mempunyai 2 versi yaitu ROM Global Stable dan ROM China Stable.

Apa Perbedaan dari ROM Global Stable dan ROM China Stable?


  • ROM Global Stable

-Untuk versinya hanya memiliki 4 digit angka contohnya (8.1.2.0 (MAAMIDI)
-ROM Global dalam kode bentunyak memiliki kode "I".
-Dalam ROM ini mempunyai banyak bahasa bahkan semua bahasa ada termasuk Indonesia.
-Seluruh Aplikasi sudah tersedia termasuk Google Play Store.
-Update dan Keamanan dari ROM ini sudah terjaga dan aman.


  • ROM China Stable

-Dalam Versi MIUI ada huruf CN yang menunjukkan bahwa ROM sobat versi China contohnya seperti 8.2.3.0 (NXKCNEC).
-Dari segi bahasa ROM China hanya mempunyai sedikit bahasa yaitu  bahasa China dan Inggris.
-Tidak ada Google Play Store untu penggantinya APP Store.
-Update dan Keamanan dari ROM ini sudah terjaga dan aman

B. ROM Developer (ROM Dev Global dan ROM Dev China)

ROM Develeoper adalah salah satu ROM yang dikembangkan oleh pihak resmi dari MIUI, di dalam ROM ini akan selalu update setiap kali update ROM Developer mempunyai fitur baru dan kelemahannya yaitu masih rentan dengan bug. Semua itu ada kelebihan dan kekurangn masing-masing setiap ROM.

Dalam ROM Developer juga terdapat 2 jenis ROM yaitu Developer Global dan Developer China,yang harus sobat ketahui yaitu dalam ROM Developer ini dalam versinya awalan angka pertama biasanya angka 6 atau 7 dan terdiri 3,4 dan 5 digit angk. Karena hal tersebut dikombinasikan tahun,bulan atau tanggal.

Contoh:

6.1.7 » 2016 Januari 7
7.9.22 » 2017 September 22
7.10.19 » 2017 Oktober 19

ROM ini untuk semuanya sama dengan ROM Stable namun ada beberapa yang membedakan dari segi fitur, bug dan stabilitasnya. Bagi sobat yang suka dengan oprek ROM Android saya sarankan menggunakan ROM versi ini tapi tidak dianjurkan bagi orang-orang biasa.

C.ROM Distributor (ROM  Modifikasi User)

ROM distributor merupakan ROM yang sudah dibuat hasil modifikasi dari ROM MIUI yang sudah ada. Kebanyakan yang di oprek dari ROM ini yaitu ROM China agar supaya dalam ROM China terdapat Google Play Store, Banyak bahasa seolah-olah seperti menggunakan ROM Global.

Tahukah sobat apabila kamu membeli smartphone Xiaomi ini selain bergarans TAM/ Erajaya dan Trikom saya bisa pastikan tidak menutup kemungkinan ROM yang dipakai yaitu ROM Abal-Abal. Smartphone xiaomi yang masuk melalui jalur tidak resmi untuk harga dibandrol lebih murah.

Bagaimana Ciri-Ciri ROM Distributor?

-Versi ROM mempunyai banyak angka lebih dari 4 digit.
-Kode Belakang Versinya ada huruf CN  MIUI 8.0 V8.0.50.0 LXKCNDG. (Apabila daalam kode versinya terdapat CN namun smartphone tersebut mempunyai Google Play Store dan Bahasa Indo saya pastikan ROM tersebut ROM Distributor).
-Versinyapun acak-acakan tidak rapi seperti ROM Stable dan Developer.

Penutup

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaika hari ini semoga pembahasan kali ini sangat membantu dan bermanfaat, sebelumnya terima kasih sobat semua sudah mampir dan membaca artikel mengenai Ciri dan Perbedaan ROM MUI Stable,Developer dan Distributor diatas jangan lupa untuk share dan apabila ada kekeliruan dalam pembahasan diatas sobat bisa langsung komen pada kolom komentar dibawah.

Author

0 Response to "Cara Membedakan ROM MIUI Stable,Developer dan Distributor Lengkap Beserta Ciri-Cirinya"

Post a Comment