Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Untuk Semua Windows Tanpa Harus Membawa Ke Tukang Service

Tips Ampuh Mengatasi Laptop Lemot
Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot-Laptop adalah merupakan komputer mini yang bisa dipindah dan dibawah kemana-mana. Dengan adanya laptop ini sangat membantu sekali terutama untuk pelajar dan mahasiswa, dulu sebelum ada laptop mereka masih harus pergi kewarnet untuk menyewa pc (komputer) dan mencari/mengerjakan tugas, Memang dulu sudah ada laptop tapi kendalanya dari segi harga yakni cukup menguras tabungan.

Tapi sekarang laptop sudah lumayan bisa dijangkau dengan spesifikasi lumayan yang suport untuk mengerjakan tugas kisaran harga Rp: 3 juta. bagi sobat sekolah dalam bidang multimedia spesifikasi harus lebih tinggi dari pada laptop yang suport untuk hanya mengetik dan mencari tugas saja karena software dalam editing tergolong berat dan harus membutuhkan spesifikasi yang memadai. Jika tidak apa yang terjadi? memang tidak harus spesifikasi wauw banget namun apabila spesifikasi laptop rendah dan sobat paksakan untuk menginstal program-program berkapasitas tinggi otomatis laptop sobat lemot.

Jika sudah terjadi lemot pasti sobat jengkel dan kesal bukan, apalagi saat mengerjakan tugas sekolah,kantor atau yang lain sedangkan besok harus selesai. Itu merupakan salah satu problem dalam mengerjakan tugas dan menjadi penghambat oleh karena itu pada pembahasan kali ini saya akan membahas apa penyebab laptop lemot dan bagaimana cara mengatasi laptop lemot langsung saja simak dibawah ini:

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot


Tahukah anda apa saja penyebab laptop sobat lemot berikut merupakan salah satu penyebab dan cara mengatasi laptop yang lemot:

1. Sistem Operasi Error

Sistem operasi error adalah perangkat lunak yang mengatur input output yang diperintahkan oleh user. Jadi apabila dalam sebuah sistem operasi sobat error biasanya laptop bisa menjadi lemot. bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengatasi:

Apabila sistem operasi sobat error dan membuat laptop menjadi lemot cara mengatasinya yaitu dengan menginstall ulang sistem operasi, Dengan menginstal ulang laptop menjadi lebih ringan dan sistem operasipun menjadi baru. tapi saya tidak akan membahas untuk bagaimana cara menginstal ulang sistem operasi windows karena terlalu panjang mungkin saya akan bahas di artikel selanjutnya.

2.Terlalu Banyak Program / Aplikasi yang Sobat Install

Banyak program atau aplikasi yang sobat instal dalam laptop merupakan salah satu penyumbang masalah laptop menjadi lambat(lemot). kenapa hal itu terjadi? karena spesifikasi dengan software yang dinstal tidak setara sangat memaksa otomatis laptop menjadi lemot.

Cara mengatasi:

Cara mengatasinya yaitu cukup mudah silahkan sobat unistall aplikasi dan game yang terinstall dalam laptop tersebut sehingga membuat laptop menjadi agak ringan dari sebelumnya ringan (tidak lemot)adapun bagaimana cara mengunistall aplikasi/game sebagai berikut:

-Langkah pertama yaitu sobat klik start.

-Kemudian klik control panel (jika menggunakan windows 7 langsung ada di taksbar) jika tidak ada ketik saja "control panel".

- Setelah sobat klik control panel selanjutnya cari "Program Features" atau "Program" jika sudah ketemu silahkan bisa klik "unistall a program"

- Apabila sudah diklik dan terbuka program tersebut nanti akan muncul banyak program tinggal sobat pilih aplikasi/game apa yang ingin di unistall seperti gambar di bawah ini:



3. Kapasitas Ram Kecil

Kapasitas ram kecil merupakan alasan pertama membuat laptop menjadi lemot karena setiap program yang berjalan ram adalah kompnen pertama menampung penyimpanan sebelum tersimpan kehardiks, jadi kesimpulannya ram merupakan media penyimpanan sementara saat software atau aplikasi berjalan.Jadi jika semakin banyak program berjalan dalam laptop dan ram sobat kecil otomatis laptop menjadi lemot.

Cara mengatasi ini ada beberapa cara di antaranya sebagai berikut:

1. Memberhentikan program yang berjalan
2. Mengupgrade ram

4. Terdapat Virus

Virus merupakan salah satu musuh atau penyakit bagi laptop. Virus ternyata dapat membuat kinerja laptop makin lambat oleh karena itu berhati-hati agar laptop kesayangan sobat tidak terinveksi. Virus sendiri terdapat beberapa macam ada yang menyerah hardware, software  dan mengunci file.

Cara mengatasi:

-Install antivirus yang handal (dapt digunakan untuk membasmi virus)
-Update secara rutin antivirus
-Jangan download yang aneh-aneh di internet
-Jangan asal menancapkan FD/Memori kedalam laptop

5.Hardisk Tidak Pernah di Defragmenter

Mendefrage hardisk adalah salah satu aktivitas yang berutujuan untuk menata file, apabila hardisk sobat tidak pernah di defrag otomatis filenya berserakan jadi menyebabkan laptop kinerjanya lambat beda dengan laptop yang sudah di defrage file menjadi rapi plus kinerja laptop lancar tanpa hambatan

Cara mengatasi:

Cara mengatasinya cukup mudah loh dengan mendefrag hardisk secara rutin 2 bulan sekali dapat membuat laptop menjadi lancar, untuk cara mendefragmentert sebagai berikut:

-Klik "Start"-ketik "Disk Defragmenter"-klik

-Jika sudah terbuka selanjutnya pilih local disk yang ingin didefragmen (pilih semua) dan apabila sudah dipilih klik defragment disk seperti gambar dibawah ini:

-Tunggu sampai proses defragment selesai.

Nah itu tadi salah satu penyebab dan cara mengatasi laptop lemot yang bisa saya tulis untuk anda semoga apa yang dibahas kali ini dapat di mengerti dan semoga bisa membantu yang sedang kesusahan mengatasi laptop lemot, jangan lupa untuk share dan nantikan informasi menarik , terbaru,terupdate di blog ini.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot Untuk Semua Windows Tanpa Harus Membawa Ke Tukang Service"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel