Cara Mudah Membuat Barcode Di Microsoft Word Tanpa Software

Membuat Barcode Dengan Simpel Tanpa Software
Tutorial Membuat Barcode Di Microsoft Word-Cara Gampang Buat Barcode Tanpa Aplikasi-Barcode merupakan sekumpulan code yang bebrbentuk garis-garis dan spasi, Pada garis-garis tersebut mempunyai ketebalan masing-masing begitu juga dengan spasinya berbeda-beda sesuai dengan isi code dalam barcode tersebut.

Tahukah kamu penemu barcode pertama kali yang diperkenalkan oleh seorang ilmuan bernama Norman Joseph Woodland dan Bernard Silver ia adalah mahasiswa dari Drexel Institute of Technology.Barcode juga dapat diartikan sebagai informasi yang dapat dibaca oleh mesin (machine readable) dalam format visual yang sudah tercetak. Agar barcode bisa terbaca ada alat yang memang khusus untuk membaca barcode, dikenal dengan sebuatan Barcode Scanner.

Mesin Barcode yang sering kita lihat biasanya di supermarket, indomaret dan alfamaret (pusat perbelanjaan) disitu mereka memanfaatkan barcode untuk meningkatkan kecepatan dalam melayani seorang customer dan mencegah terjadinya kesalahan harga jual.Jadi sangat membantu sekali barcode terutama dalam dunia bisnis jual beli,Pada bagian kasir dengan adanya barcode kamu tidak usah mikir berapa harganya cukup dengan membaca barcode dengan alat barcode scaner secara otomatis harga akan tampil di monitor kasir.

Cara Mudah Membuat Barcode di Microsoft Word Tanpa Software

Setelah tadi panjang lebar membahas tentang Barcode . Pada pemabahasan kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat barcode hanya dengan menggunakan Microsoft Word tanpa menggunakan software lain. Caranya sangat mudah banget loh cukup dengan merubah font dengan font barcode kamu sudah bisa membuat barcode. Tapi untuk Microsoft Original font barcodenya masih belum ada jadi silahkan download terlebih dahlu.

Bahan-Bahan Membuat Barcode:

1. Pada laptop atau komputer anda sudah terinistal Microsoft Office
2. Download font barcode silahkan kamu bisa memilih font apa saja yang ingin digunakan seperti:
-Free 3 of 9 (Download)
-IDAHC39M Code 39 (Download)

Langkah-Langkah Membuat Barcode Di Microsoft Office Word Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

1.Setelah semua bahan di atas sudah kamu siapkan langkah pertama yaitu ekstrak file yang sudah di download tadi.

2. Setelah sudah di ekstrak maka akan ada beberapa file seperti dibawah ini, selanjutnya kamu block keempat file dan copy.


3.Letakka atau Pastekan file di atas ke folder font yang berada di Local Disck C- Folder Windows-Folder Font.
4.Setelah itu buka microsoft wordnya, dan apabila font yang sudah di paste masih tidak muncul silahkan restart terlebih dahulu sampai font Free3 of  9 muncul.

5.Masukkan angka yang ingin dibuat barcode misalnya 3876, jangan lupa setiap ingin membuat barcode kasih tanda (*) di setiap awal dan akhir. Contohnya akan seperti ini *3867*.

7.Setelah sobat memasukkan angka *3867* selanjutnya yaitu silahkan block angka tersebut dan ganti fontnya dengan Free 3 of 9. Secara otomatis angka tersebut akan menjadi barcode. Apabila kurang jelas kamu bisa lihat gambar di bawah ini:


8. Selesai dan Selamat Mencoba

Penutup

Gampang bukan ternyata membuat barcode tanpa perlu software apapun cukup menggunakan MS Office kamu bisa buat barcode. Terima untuk anda yang sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk are,komen dan nantikan informasi terbaru menarik hanya di roziweb.

Author

0 Response to "Cara Mudah Membuat Barcode Di Microsoft Word Tanpa Software"

Post a Comment