Ciri-Ciri Penjual yang Ingin Menipu di Sosial Media (Facebook, Instagram dan Whatsapp)

Cara Membedakan Lapak Penipuan-Facebook adalah salah satu sosial media yang paling banyak digunakan saat ini, kebanyakan orang sudah memiliki akun facebook. Mark Zuckerberg adalah seorang pencipta facebook pada tahun 2003. Mulai saat itu facebook sudah lumayan dikelan orang hingga sampai saat ini facebook sudah berkembang dan mempunyai banyak manfaat.

Banyak yang dapat kita manfaatkan dalam dunia internet ini terutama facebook untuk mencari sumber penghasilan, seperti sebagai media untuk berjualan dan lain sebagainya. Di era kecanggihan teknologi ini anda harus bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis atau usaha yang dapat membuahkan uang.

Waspada Penipuan

Namun dengan kecanggihan teknologi saat ini ada beberapa oknum yang memanfaatkannya untuk tindakan kriminal,penipuan,pembegalan bahkan juga sampai pemerkosaan dan berujung  pembunuhan, maka dari itu sobat semua harus berhati-hati.

Tapi dalam pembahasan kali ini saya tidak membahas itu semua dan saya membuat artikel ini karena jerah banyak orang yang memposting di group jual beli yang sangat mencurigakan sekali, di pembahasan kali ini saya memberikan informasi tentang bagaimana cara membedakan barang jualan tersebut beneran jualan asli apa hanya ingin menipu dengan iming-iming barang murah, silahkan bisa baca dibawah ini:

Ciri-ciri Lapak Ingin Menipu di Sosial Media


1. Harga Tidak Masuk Akal Lebih Murah

Harga murah merupakan salah satu teknik agar dapat menarik para konsumen yang akan ditupu, oleh karena itu bagi sobat yang ingin membeli suatu barang apapun disosial media untuk harga murah jangan seneng dulu karena sudah banyak korban tergiur oleh harga namun ujung-ujungnya ditipu. Jadi jika menemukan lapak dengan harga jual barang murah di facebook harap berhati-hati.

2. Tidak Mau COD

Ciri-ciri salah satu lapak atau penjual yang berniat menipu yakni tidak mau bayar ditempat karena beberapa alasan seperti jauh dan tidak ada transportasi. Biasanya penjual meminta pengiriman barang melalui JNE atau yang lain dan akan di kirim nomor resinya apabila sobat transfer uangnya terlebih dahulu. Apabila sobat menemukan penjual seperti ini jangan mau beli karena ini salah satu modus penipuan yang sering terjadi.

3. Pembayaran Via ATM (Di Suruh Transfer Dahulu)

Pembayaran via atm sebenernya lebih mudah dan cepat akan tetapi cara ini menjadi salah satu media yang digunakan oleh oknum para penipu dengan berkedok menjual barang murah namun si pembeli di harap transfer uang terlebih dahulu. Jika menemukan penjual seperti ini sobat bisa tipu seolah-olah ingin membeli namun tidak jadi hehehehe.

4. Tidak Berani Rekber

Rekber adalah salah satu transaksi paling aman untuk jual beli online baik barang atau jasa, dengan rekber transaksi terasa aman, tidak ada pihak yang dirugikan dan pilihlah tempat rekber yang terpercaya seperti melalui website (P-Store, Lazada,Tokopedia dan Lain-Lain). Jika ada orang yang berjualan barang namun orang tersebut tidak mau rekber silahkan anda lewati dan jangan beli produknya untuk menjaga-jaga agar tidak tertipu.

5. Alamat Sangat Jauh

Bila sobat ingin membeli barang melalui sosial media namun lokasi lapak tersebut sangat jauh , sobat bisa ajukan rekber melalui website yang sudah terpercaya, caranya dengan penjual harus membuka lapak terlebih dahulu di situs yang sudah terpercaya setelah itu sobat membeli dari situs resmi itu. Otomatis dengan begitu transaksi lebih aman dan jauh dari kata penipuan.

6. Tidak ada Testimoni

Testimoni merupakan salah satu bukti transaksi dengan orang lain bahwa lapak tersebut memang truested (terpercaya) jadi curigalah apabila tidak ada testimoni dan tidak mau rekber.

7. Harga Jual Barang Lebih Murah dari Pasaran

Jangan terlau senang apabila sobat menemukan barang murah jauh dari pasaran , karena hal tersebut cara penipu untuk mengkelabuhi pembeli, silahkan lewati apabila ada lapak seperti ini di sosial media terutama facebook

8. Penjual Sangat Memaksa

Sebagai seorang penjual memang ingin dagangannya laku namun dilarang memaksa terhadap pembeli, jadi apabila sobat menemukan orang memaksa untuk membeli barang yang dijual harap berhati-hati silahkan cek terlebih dahulu semuanya.

Itu tadi yang bisa saya tulis untuk anda semoga bisa membantu dan bermanfaat, jangan lupa untuk share artkel ini dan nantikan informasi terbaru, menarik di blog ini

Author

0 Response to "Ciri-Ciri Penjual yang Ingin Menipu di Sosial Media (Facebook, Instagram dan Whatsapp)"

Post a Comment