12 Tanaman Yang Baik Di Cocok Saat Musim Hujan

Tanaman Musim Hujan yang Menguntungkan-Indonesia adalah negara yang mempunyai 2 musim saja yaitu musim hujan dan musim kemarau, tahukah kamu apa musim hujan itu ? musim hujan sering juga disebut dengan musim basah atau iklim tropis yang mempunyai arti musim dimana mempunyai ciri-ciri dengan meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu.

Buah dan Sayur yang Baik ditanam Saat Musim Hujan

Saat musim kemarau panjang ketersediaan air dalam tanah otomatis berkurang terjadilah kekeringan air, oleh karena itu saat musim hujan tiba banyak orang bersyukur akan hal itu karena sangat membantu sekali dan dimusim hujan ini memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai berikut:

-Menyuburkan Tanaman
-Ketersediaan Air Melimpah
-Sumber Nafkah
-Mendukung Bercock Tanam
-Sumber Tenaga Listrik
-Dll

Jenis-Jenis Sayur dan Buah-Buahan yang Baik Untuk Ditanam Saat Musim Hujan 


Bagi seorang petani pasti sudah mengenal dengan baik untuk bercocok tanaman apa saat musim hujan di daerahnya. Tapi bagi petani pemula pasti kebingungan untuk menentukan tanaman apa yang ingin mereka tanam tentunya harus belajar terlebih dahulu dan mengamati. dari situlah saya pada pembahasan ini ingin membahas tentang tanaman apa saja yang baik dan cocok untuk ditanam saat musim hujan seperti ini, silahkan bisa baca dibawah ini sampai selesai.


1. Jagung

Jagung adalah tanaman penghasil kabohidrat selain gandum dan padi. ternyata saat musim hujan tanaman jagung ini banyak ditanam karena pertumbuhan saat musim hujan jagung lebih cepat dibanding dengan musim kemarau, mungkin karena ketersediaan air yang memadai sehingga ia lebih cepat untuk tumbuh.

Baca Juga:Tidak Punya Pacar Bukan Berarti Jomblo ! Berikut Alasan Mereka Tidak Berpacaran

2. Lombok

Saat musim hujan panen lombok sangat berlimpah sehingga harganya lebih murah bahkan ada petani yang samapi susah untuk menjual cabainya, faktor tersebut dikarenakan saat musim hujan tingkat kesuburan tanah bertamah sehingga saat kamu menanam Lombok lebih cepat pertumbuhannya dan untuk panenpun lebih cepat.

3. Labu

Labuh adalah tanaman yang tumbuh merambat dan biasanya buah dari labu ini mempunyai ukuran besar dan bentuknya berbeda-beda ada yang lonjong atau bulat. Musim hujan saat ini untuk menanam tanaman labu ini baik sekali karena pertumbuhannya lebih cepat dan subur.

4. Ubi

Ubi adalah sebuah tanaman yang orang dulu gunakan sebagai pengganti nasi, makanan satu ini banyak menganggap makanan kampung akan tetapi dalam ubi tedapat banyak kandungan yang membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Musim hujan seperti inilah cocok banget digunakan untuk menanam tanaman satu ini karena pasokan air memadai membuat ubi lebih cepat tumbuh.

5. Singkong

Singkong adalah tanaman yang serba guna bisa digunakan untuk pengganti nasi, bukan hanya itu singkong juga sekarang dapat diolah menjadi makanan apa saja bahkan dapat diolah menjadi sebuah kripik yang rasanya lezat. Daun dari tanaman singkong juga bisa diolah loh sebagai sayuran dan biasanya digunakan untuk isi dari tahu.

Baca Juga: Hal Positif yang Harus Kamu Lakukan Ketika Diselingkuhi

Saat musim hujan kamu jangan ragu untuk menanam tanaman singkong karena saat itu tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan dapat asupan air yang cukup membuat ia tumbuh.

6. Kacang Panjang

Bagi kamu yang suka menanam sayuran, di saat musim hujan seperti ini jangan ragu untuk menanam kacang panjang, silahkan tanam sebanyak-banyaknya karena kacang panjang baik untuk ditanam dalam cuaca lembab atau musim hujan seperti ini.

7. Pisang

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman pisang? tanaman pisang ini hampir di seluruh dareah indonesia terdapat tanaman pisang, dan disetiap daerahpun tanaman pisang jenisnya berbeda-beda. Salah satu cara untuk menanam pisang ini cocok saat musim hujan seperti ini agar nantinya tunas yang ditanam mendapat pasokan air yang cukup agar cepat tumbuh dan berbuah.

Baca Juga:Pacar Vs Orang Tua ! Apa Kalian Sudah Melakukan ini ?

8. Buncis

Menanam buncis di cuaca lembab dan curah hujan yang tinggi justru bukanlah hal membuat tanaman satu ini mati tapi sebaliknya membuatnya lebih hidup, subur dan berkembang dengan pesat.tapi semua itu tergantung perawatan sobat, seperti pengobatan dan lain-lain.

9. Bayam 

Siapa yang tidak kenal dengan bayam, Bayam termasuk salah satu sayuran bernutrisi dan bergizi digemari oleh banyak orang. Bayam adalah tumbuhan yang dapat di tanam dan dibudidayakan dengan tujuan untuk dikonsumsi sebagai pendamping nasi. Dalam sayur bayam ini mengandung zat besi yang sangat tinggi loh.

Tahukah anda bahwa musim hujan sayur bayam sangat baik loh untuk di tanam dan pertumbuhan bayam saat musim hujan lebih cepat. Sebab dalam pertumbuhannya tidak kekurangan air, jadi untuk proses pertumbuhan sangat cepat dan juga tanah jadi subur.

10. Kangkung

Tanaman yang baik ditanam saat musim hujan yaitu sayur kangkung, kangkung bisa kamu ketahui tumbuh di perairan akan tetapi sekarang kangkung sudah bisa dicocok di daratan. akan tetapi harus di siram setiap harinya saat musim kemarau. Jika musim hujan kamu tidak perlu menyiramnya, disiram apabila beberapa hari tidak turun hujan.

Namun perlu kamu ketahui kangkung apabila terendam terlalu lama dalam air, ia tidak akan kuat akan menjadi busuk, akan tetapi tingkat kesuburan di tanam saat musim hujan merupakan hal yang baik.

11. Pare

Siapa yang tidak mengenal pare? tanaman pare adalah tumbuhan yang berasal dari Asia Tropis dan tumbuhannya merambat seperti labu.Pare ternyata cocok sekali ditanam pada saat musim hujan seperti ini.

12. Seledri

Seledri adalah sayur daun yang dapat digunakan sebagai obat dan dapat juga digunakan sebagai bumbu masakan.tahukah kamu bahwasannya sayur seledri ini sangat baik di tanam saat musim hujan seperti ini, karena tanaman seledri dapat bertahan dimusim hujan.

Penutup:

Itu tadi merupakan beberapa tumbuhan yang baik untuk ditanam saat musim hujan , semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda. Terima kasih bagi yang sudah membaca artikel ini jangan lupa untuk share dan komen dari situ saya lebih giat dalam berkarya menciptakan tulisan menarik dan terupdate setiap harinya.

Saya atas nama admin roziweb minta maaf apabila dalam penulisan artikel diatas ada pihak tersinggung atau kesalahan kata dan lain-lain yang membuat orang lain dirugikan.

Author

0 Response to "12 Tanaman Yang Baik Di Cocok Saat Musim Hujan"

Post a Comment