Info Pajak dan Verifikasi NPWP Untuk Publisher Google Adsense

Pajak Terbaru Google Adsense 2019-Verifikasi NPWP Untuk Google Adsense-Halo sobat! pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa isu yg menghebohkan para publisher google adsense karena saya lihat digroup banayak yang membuat status NPWP. Oleh karena itu saja buat artikel ini untuk anda semua.

Update Informasi Pajak Google Adsense 

Google adsense sejak tahun 2018 sampai sekarang  tahun 2019 mengalami update yg menghobohkan publisher adsense. Mungkin google ingin memperketat sistemnya agar tidak ada pubsliher nakal. Saya sendiri kaget mendengar bahwa google adsense mengalami update ini, karena mungkin belum terbiasa dengan fitur terbaru dari Google Adsense.

Apa Saja Updatean Google Adsense?

Google adsense banyak mengalami perubahan mulai dari update tampilan dan juga fitur didalamnya diantaranya updatean yg terbaru yaitu sebagai berikut:

1. Verifikasi ID

Google adsense di tahun 2018 sudah menerbitkan fitur bahwa setiap akun google adsense harus memverifikai ID agar dapat menerima pembayaran, dengan begitu para publisher harus menyamakan alamat yg ada di dashboard adsense dengan ID supaya saat memverifikasi ID sukses atau dapat terverifikasi. Adapun ID yg dapat anda gunakan untuk meverifikasi yaitu KTP, SIM dan Paspor.

Apa ada ketentauan agar mudah keterima verifikasi ID google adsense?

Sebelumnya saya sudah bahas di artikel Cara Mudah Keterima Verifikasi ID Google Adsense , namun saya sedikit menjelaskan sedikit tentang ketentuan atau cara agar di acc atau approve saat verif Identitas diantaranya sebagai berikut:

-ID yg digunakan masih berlaku
-Foto tidak buram atau blur
-Pencahayaan tidak kurang
-Nama dan alamat harus sesuai

2.Review Site

Review site? bukannya udah dari dulu ya review mas, bukan teman-teman karena review site disini bukan saat daftar mulai awal namun saat mau menambahkan situs/site ke adsense masih ada tahap review dahulu kurang lebih 14 hari. Dulu sebelum ada kebijakan atau peraturan baru google adsense 2019 ini untuk menambahkan situs agar bisa menamilkan iklan itu hanya langsung menambahkan situs saja dan langsung bisa iklan tampil disite atau situs tersebut.

Peraturan baru ini menurut saya google ingin memperhatikan kualitas konten atau situs yg ingin menampilkan iklan jadi mereka membuat fitur baru review site ini. Oleh karena itu sebagai publisher kita hanya bisa pasrah akan hal tersebut.

3.Input NPWP

Baru-baru ini google membuat para publisher kaget akan hal NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ini karena dari dulu hingga sekarang para publisher adsense tidak dikenakan pajak tapi tepat di awal tahun bulan janurai 2019 membuat peraturan menginput NPWP supaya dapat menerima pembayaran dari Google.

Tapi isu ini belum jelas kepastiannya karena ada yg sudah dapat notifikasi akan memasukkan NPWP dan ada juga yg belum, untuk saya sendiri juga masih belum mendapatkan notif tersebut, jadi kita hanya pasrah dengan ketentuan google terbaru, google membuat fitur atau updatean terbaru itu ada tujuannya.

Cara mengirimkan Informasi Pajak ke Google :

  1. Silahkan Login terlebih dahulu di akun Google Adsense masing-masing
  2. Klik menu Pembayaran
  3. Setelah itu pilih Kelola Setelan
  4. Silahkan klik Informasi Pajak Indonesia, namun di saat ini masih berbentuk informasi saja menurut blog mastimon untuk di negara lain Informasi Pajaknya bisa di ubah.
Menurut peraturan google bahwa untuk negara lain sudah diwajibkan untuk mengisi informasi perpajakan, sementara di indonesia sendiri masih belum ada kolom untuk mengisi data NPWP  (Nomor Pokok Wajib Pajak). Bagi para publisher Adsense (Blog+Youtube) masih belum jelas atas kewajiban mengisi NPWPW ini.


Syarat dan Cara Membuat NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak)


Namun untuk mengatasi atau antisipasi akan fitur terbaru google adsense ini silahkan kamu bisa buat NPWP ke kantor pajak, untuk cara daftar NPWP ini sangat mudah banget tapi sebelum itu kalian harus mengetahui persyaratan dan peraturan pembuatan NPWP, silahkan simak dibawah ini:


1. Syarat membuat NPWP pribadi untuk karyawan/pekerja kantoran
  1. Bagi Warga Negara Indonesia(WNI)  harus fotokopi KTP
  2. Sedangkan Warga Negara Asing (WNA) harus membawa fotocopy paspor/kartu izin tinggal (KITAP/KITAS).
  3. Membawa surat keterangan kerja dari tempat anda bekerja.
  4. Untuk yg pegawai negeri membawa surat keputusan (SK)
  5. Terkahir Mengisi formulir pengajuan pembuatan NPWP.

2. Syarat membuat NPWP pribadi bagi wirausaha

  1. Bagi Warga Negara Indonesia(WNI)  harus fotokopi KTP
  2. Sedangkan Warga Negara Asing (WNA) harus membawa fotocopy paspor/kartu izin tinggal (KITAP/KITAS).
  3. Membawa surat keterangan Usaha (SKU) minimal dari keluarahan atau bukti tagihan listrik.
  4. Surat pernyatan yg diatas materai yg menjelaskan bawha Wajib Pajak benar0benar mempunyai usaha atau pekerja bebas.
3. Syarat membuat NPWP untuk wanita yang sudah menikah

Bagi para istri yg mempunyai gaji besar dari suaminya , dapat juga membuat NPWP berbeda dengan suami dengan persyaratn sebagai berikut:
  1. Foto Copy NPWP suami, KTP, dan KK.
  2. Surat keterangan kerja dari temapat anda bekerja (perusahaan)
  3. Surat perjanjian pemisahan harta dan penghasilan yang dikehendaki oleh ke dua belah pihak.
  4. Isi formulir pengajuan NPWP.
Cara membuat NPWP pribadi online
  1. Buka halaman ereg.pajak.go.id.
  2. Pilih menu daftar yang ada di bagian bawah.
  3. Masukkan alamat e-mail yang masih aktif agar verifikasi bisa dilakukan.
  4. Buka link verifikasi yang telah dikirim melalui e-mail.
  5. Lakukan pengisian data diri secara lengkap agar bisa melangkah ke proses selanjutnya. Pastikan data diri yang diisikan adalah benar.
  6. Setelah pengisian data diri selesai, buka e-mail dan klik link verifikasi.
  7. Masuk ke sistem e-registrasi, dan pilih menu pengajuan NPWP.
  8. Ikuti langkah-langkah pengisian dengan teliti dan pastikan data yang dilampirkan adalah benar supaya pengajuan NPWP tidak ditolak.
  9. Setelah pengisian formulir selesai, sistem akan merekomendasikan KPP untuk mengurus pengajuan NPWP yang telah Anda buat.
  10. Klik menu token untuk mendapatkan kode unik sebagai syarat pengajuan NPWP.
  11. Klik kirim pengajuan dan tunggu beberapa hari untuk mendapat konfirmasi apakah pengajuan NPWP ditolak atau diterima. Konfirmasi akan dikirim melalui e-mail.
  12. Bila status pengajuan sukses, NPWP akan dikirim melalui pos ke alamat yang telah terlampir.

Cara membuat NPWP pribadi melalui KPP
  1. Siapkan dokumen persyaratan yang telah difotokopi.
  2. Datang ke KPP terdekat dari alamat pada KTP Anda. Bila alamat domisili sekarang berbeda dengan KTP, Anda diharuskan melampirkan surat keterangan tinggal dari kelurahan.
  3. Isi formulir pengajuan NPWP.
  4. Serahkan berkas ke petugas pendaftaran.
Mungkin itu saja yg bisa saya Pajak untuk Publisher Google Adsense di Indonesia 2019 dan semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semua.

Penting:
  • Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian
  • Maaf jika ada kesalahan kata atau kalimat pada artikel diatas
  • Nantikan informasi terbaru dan terupdat di ROZIWEB ini, pastinya seru dan menarik

Author

0 Response to "Info Pajak dan Verifikasi NPWP Untuk Publisher Google Adsense "

Post a Comment